Pilihan

13 Titik Harta Karun di Perairan Kalbar, Muatan Kapal Dagang VOC hingga China - inews

13 Titik Harta Karun di Perairan Kalbar, Muatan Kapal Dagang VOC hingga China
1:02 Estimated 217 Words ID Language
13 Titik Harta Karun di Perairan Kalbar, Muatan Kapal Dagang VOC hingga ChinaPSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan, menggelar konferensi pers hasil penangkapan pencurian harta karun di peraian Kalbar. (Foto: Uun Yuniar).

PONTIANAK, iNews.id - Sebanyak 13 titik harta karun berada di perairan Kalimantan Barat (Kalbar). Harta Karun tersebut berasal dari bangkai kapal-kapal dagang sejumlah negara yang tenggelam di perairan Kalbar.

Pernyataan itu disampaikan oleh Direktur Jenderal PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan, Laksda TNI Adin Nurawaluddin saat menggelar konferensi pers hasil penangkapan pelaku pencurian harta karun di peraian Kalbar di Pontianak, Rabu (8/11/2023).

Dia mengungkapkan, kapal-kapal itu dari China, Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC), Belanda, Portugis, Spanyol, Inggris, Jepang dan lainnya.

"Jajaran kami untuk melaksanakan pengawasan terkait adanya potensi BMKT di 1.670 titik termasuk ada 13 titik di Kalbar," ujar Adin.

Menurutnya, BMKT merupakan benda muatan kapal tenggelam yang memiliki nilai sejarah ilmu pengetahuan, budaya dan ekonomi berada di dasar laut.

Diketahui, benda-benda yang pernah didapatkan dari pengangkatan kapal tenggelam di perairan Indonesia sangat beragam. Ada keramik, gagang pedang terbuat dari emas dan sebagainya.

Editor : Kurnia Illahi

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek