Pilihan

4 Prajurit TNI Gugur, KSAD Bicara ke Jokowi soal Situasi Papua - detik

4 Prajurit TNI Gugur, KSAD Bicara ke Jokowi soal Situasi Papua

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 29 Nov 2023 16:09 WIB
Presiden Joko Widodo melantik Letjen Maruli Simanjuntak sebagai KSAD. Letjen Maruli menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang menjadi Panglima TNI.
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak (Grandyos Zafna/ddetikcom)
Jakarta -

Empat prajurit TNI gugur ditembak kelompok teroris separatis Papua (KTSP) di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak bicara dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal situasi di Papua.

"Kebetulan rekan-rekan media dengar beberapa hari lalu juga anggota saya ada yang gugur juga. Jadi sebenarnya saya sedang banyak menegokan, kebetulan sempat bicara-bicara dengan bapak Presiden bahwa pekerjaan untuk khususnya di Papua itu, itu bukan pekerjaan TNI AD saja atau TNI pada umumnya. Itu semua stakeholder harus bisa bekerja bersama di sana," ujar Jenderal Maruli di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

Jenderal Maruli lalu berbicara tentang perang gerilya. Ia menyebut perang gerilya bisa merebut hati rakyat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi sebetulnya di dunia ini yang sudah membuat pembelajaran tentang lawan gerilya itu Indonesia termasuk hebat, tapi hal-hal tersebut mungkin sedikit terlupakan dengan perkembangan zaman dan sebagainya," tambah Maruli.

"Intinya dari perang gerilya adalah merebut hati rakyat. Jadi ini yang memang harus kita tingkatkan terus khususnya di Papua," lanjutnya.

Ia berharap personel TNI AD mengenyam pendidikan khususnya di luar negeri. "Di internal kita di AD saya pikir kualitas personel-personel itu mudah-mudahan ke depan kita punya banyak peluang untuk sekolah-sekolah di luar dan juga latihan-latihan kita akan evaluasi," imbuh Maruli.


4 Prajurit Gugur

Sebelumnya, empat prajurit TNI gugur ditembak kelompok teroris separatis Papua (KTSP) di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Keempat prajurit yang gugur akan mendapatkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) atas jasa-jasanya dalam pelaksanaan tugasnya di Papua.

"Mereka kita KPLB-kan," kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam keterangan dari Puspen TNI, Selasa (28/11/2023).

Keempat prajurit yang gugur ialah Kopda Anumerta Yipsan Ladou (asal Bawen Semarang), Kopda Anumerta Dwi Bekti Probo Sinimoko (asal Sambirejo Jiwan, Madiun), Praka Anumerta Miftahul Firdaus (asal Jaragan Wonosegoro, Boyolali), dan Pratu Anumerta Dermawan (asal Cicaheum Kiaracondong, Bandung). Mereka merupakan Yonif 411/Pandawa (Pdw) Kostrad.

Simak Video 'Letjen Maruli Simanjuntak Resmi Dilantik sebagai KSAD':




(isa/yld)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek