Dokter Bocorkan Perintah Israel Jelang Kosongkan RS Al Shifa - CNN Indonesia

Dokter Bocorkan Perintah Israel Jelang Kosongkan RS Al Shifa

CNN Indonesia
Sabtu, 18 Nov 2023 16:48 WIB
Dokter mengungkapkan hal-hal yang diperintahkan militer Israel sebelum pengosongan paksa RS Al Shifa pada Sabtu (18/11).
Dokter mengungkapkan hal-hal yang diperintahkan militers Israel sebelum pengosongan paksa RS Al Shifa pada Sabtu (18/11). Foto di atas merupakan situasi RS Al Shifa pada 10 November 2023. (AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dokter RS Al Shifa mengungkapkan momen-momen sebelum tim medis mengevakuasi pasien untuk mengosongkan kawasan itu seperti yang diperintahkan militer Israel pada Sabtu (18/11).

Munir al-Barsh selaku dokter RS Al Shifa mengungkapkan militer Israel memerintahkan mereka untuk segera mengosongkan rumah sakit dan memberikan peringatan terkait evakuasi tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tentara Israel menelepon sekitar pukul 9.00 [waktu setempat], memperingatkan semua orang yang keluar harus melambaikan sapu tangan putih," cerita Munir al-Barsh seperti diberitakan Al Jazeera, Sabtu (18/11).

"[Semua] harus berjalan dalam satu barisan," ungkapnya.

"Mereka dipermalukan tentara [Israel] di sepanjang jalan," tutur al-Barsh.

Sekitar 450 pasien, beber al-Barsh, dievakuasi bersama tim medis RS Al Shifah. Kendati demikian, ia mengakui masih banyak pasien yang terpaksa ditinggal akibat kondisi.

"Sedangkan sekitar 120 pasien tertinggal karena tidak bisa bergerak," ucap al-Barsh sambi memastikan pasien yang masih di sana tidak ditinggalkan sendirian.

Ia menuturkan masih ada direktur rumah sakit, empat dokter, dan sekelompok kecil perawat yang masih menetap di RS Al Shifa bersama lebih dari 100 pasien tersebut.

Mereka tetap di sana dengan berharap pada janji delegasi PBB bakal dikirimkan sekitar pukul 11.00 waktu setempat untuk membantu mengurus mereka yang masih berada dalam RS Al Shifa.

Sementara itu, pasien yang dinilai bisa dikeluarkan dari RS tersebut dievakuasi dengan peralatan seadanya.

Pilihan Redaksi

FOTO: Kebengisan Pasukan Israel Geledah RS Al Shifa Gaza

icon-chevron-lefticon-chevron-right

Sebelumnya Al Jazeera juga memberitakan bahwa seorang dokter mengatakan rumah sakit diberi waktu satu jam untuk mengevakuasi pasien melalui Jalan Al-Rashid, atau bisa disebut jalur laut.

Menurutnya jalur tersebut bukan rute yang bisa digunakan orang untuk evakuasi ke arah selatan.

Perintah mengosongkan RS Al Shifa diberikan setelah Pasukan Pertahanan Israel (Israel Defense Forces/IDF) mengeklaim telah menemukan terowongan operasional milik kelompok milisi Hamas yang berada di kompleks Rumah Sakit Al Shifa, Gaza, Palestina.

IDF mengunggah sebuah video di media sosial yang menunjukkan sebuah lubang yang tampak seperti terowongan setelah digali oleh pasukan tersebut.

"Hari ini, infrastruktur terowongan Hamas terekspos di dalam rumah sakit," kata IDF dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir CNN.

Hamas membantah tuduhan IDF terkait penemuan terowongan yang dipakai sebagai pusat komando sebagai "kebohongan yang tidak berdasar."

(chri)

Baca Juga

Komentar