Pilihan

IPW Desak KPK Dalami Aliran Uang Terkait Kasus Wamenkumham - Beritasatu

IPW Desak KPK Dalami Aliran Uang Terkait Kasus Wamenkumham

Kamis, 9 November 2023 | 22:32 WIB
Penulis: Muhammad Aulia Rahman | Editor: CAH
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej usai menjalani klarifikasi atas dugaan penerimaan gratifikasi Rp 7 miliar melalui dua asisten pribadinya, di gedung KPK Jakarta, Senin (20/3/2023).
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej usai menjalani klarifikasi atas dugaan penerimaan gratifikasi Rp 7 miliar melalui dua asisten pribadinya, di gedung KPK Jakarta, Senin (20/3/2023). (B Universe Photo / Joanito De Saojoao)

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso mendesak KPK terus mendalami aliran uang yang diduga berkaitan dengan kasus suap dan gratifikasi Wakil  Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej. KPK diketahui telah mengakui Eddy menjadi tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi. 

"Lebih lanjut IPW mendesak KPK juga melakukan pendalaman terkait aliran dana yang diterima oleh rekening aspri (asisten pribadi) wamenkumham Yosi dan Yogi," kata Sugeng kepada wartawan, Kamis (9/11/2023). 

ADVERTISEMENT

Baca Juga: KPK Sudah Teken Sprindik, Tetapkan Wamenkumham sebagai Tersangka

Sugeng selaku pihak yang melaporkan Eddy Hiariej ke KPK, memandang positif penetapan tersangka oleh lembaga antikorupsi tersebut. Dia menilai KPK telah bersikap terbuka ke publik dalam menyampaikan perkembangan penyidikan kasus Eddy. 

"Asal uang tersebut harus di-tracing dan juga aliran dana kepada EOSH, karena diduga aliran dana kepada Yogi dan Yosi sebagai gate keeper dalam konsep TPPU adalah satu tindak pidana dan pihak yang mengirimkan dana tersebut harus diusut," ungkap Sugeng. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata mengakui pihaknya sudah menandatangani surat perintah penyidikan (sprindik) kasus yang diduga terkait sosok Wamenkumham, Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej. Kasus yang diusut terkait dugaan suap dan gratifikasi. 

"Penetapan tersangka eamenkumham, benar itu sudah kami tandatangani sekitar 2 minggu yang lalu," kata Alexander Marwata di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (9/11/2023). 

BACA JUGA

Hanya saja, Alex masih irit bicara terkait detail konstruksi perkaranya. Meski begitu, dia mengamini total ada empat orang yang menjadi tersangka. 

"Dengan 4 orang tersangka, dari pihak penerima tiga pemberi satu," ungkap Alex.

ADVERTISEMENT

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek