Sabuk Pengaman Rusak, Honda Recall 300.000 Unit Accord dan HR-V - Beritasatu

Sabuk Pengaman Rusak, Honda Recall 300.000 Unit Accord dan HR-V

Minggu, 26 November 2023 | 16:52 WIB
Penulis: Herman | Editor: HE
Honda HR-V
Honda HR-V (Honda / -)

Jakarta, Beritasatu.com - Honda mengumumkan akan melakukan recall atau penarikan kembali kendaraan model Accord dan HR-V yang diproduksi tahun 2023-2024 di Amerika Serikat (AS). Penyebabnya karena hilangnya bagian pada pretensioner sabuk pengaman depan yang dapat meningkatkan risiko cedera dalam kecelakaan.

ADVERTISEMENT

Fungsi pretensioner sangat vital dalam mencegah risiko cedera karena sistem ini dengan cepat menarik seatbelt saat terjadi tabrakan dan efektif menahan gaya dorong penumpang.

BACA JUGA

Dilansir dari AP News, Minggu (26/11/2023), National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengungkapkan  pretensioner pada Accord dan HR-V mungkin tidak dilengkapi dengan paku keling yang menahan quick connector dan wire plate. Hal ini dapat mengakibatkan penumpang sulit dikendalikan dengan baik saat terjadi kecelakaan.

ADVERTISEMENT

NHTSA menyimpulkan bahwa masalah ini terjadi akibat kesalahan dalam proses perakitan, dan lebih dari 300.000 unit Accord dan HR-V berpotensi terkena dampaknya.

Pada 16 November 2023, Honda telah menerima tujuh klaim garansi, meskipun tidak ada laporan cedera atau kematian yang terkait dengan masalah pretensioner ini.

BACA JUGA

Juru bicara Honda kepada AP News memperkirakan bahwa kurang dari 1% kendaraan yang terkena dampak mungkin memerlukan penggantian. Sebagian besar diharapkan cukup dengan pemeriksaan saja. Untuk surat pemberitahuan bagi pemilik kendaraan yang terdampak akan dikirimkan mulai 8 Januari 2024. 

Baca Juga

Komentar