Pilihan

Gus Miftah Bagi-bagi Uang, Ternyata Uang Haji Her Pamekasan Madura - medcom

 

Gus Miftah Bagi-bagi Uang, Ternyata Uang Haji Her Pamekasan Madura

Minggu, 31 Desember 2023 - 00:02 WIB
Oleh :
Gus Miftah dan pengusaha Haji Her Pamekasan Madura
Sumber :
  • Veros Afif
Photo Mini 1Photo Mini 2Photo Mini 3Photo Mini 4
Share :

Madura – Sebuah video viral menampilkan penceramah terkenal, Gus Miftah, membagi-bagikan uang lembaran lima puluh ribuan di gudang tembakau milik pengusaha Khairul Umam alias Haji Her di Pamekasan, Madura.

Baca Juga :

Video berdurasi 1 menit 13 detik ini menimbulkan pro kontra tentang praktik money politic yang dikaitkan dengan salah satu pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

Gus Miftah bersama dengan Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Dok. Istimewa
Baca Juga :

Dalam klarifikasinya melalui video, Gus Miftah membantah keras tudingan money politic. Dia menjelaskan bahwa kehadirannya di Pamekasan adalah atas undangan Haji Her, dan kegiatan tersebut merupakan tradisi harian yang dilakukan oleh pihak pengundang.

Pemberian uang yang tertangkap dalam video diklaim sebagai bentuk sedekah kepada karyawan dan tetangga, bukan bagian dari kepentingan politik tertentu.

Baca Juga :

"Saya diminta untuk memberikan sejumlah uang tersebut kepada para karyawan dan tetangganya, dengan senang hati saya lakukan, kan ada nilai pahalanya untuk saya, meskipun itu sedikit," ungkap Gus Miftah.

Gus Miftah menggalang dukungan kiai kampung di Tambakberas, Jombang

Photo :
  • VIVA/Uki Rama

Gus Miftah juga mengajak untuk mengklarifikasi langsung kepada pemegang atribut dan warga yang memberikan dukungan kepada salah satu calon presiden. Dia menegaskan bahwa tindakan ini tidak terkait dengan money politic, karena pemberian uang dilakukan secara terang-terangan.

Sementara itu, Haji Her, pemilik gudang tembakau yang menjadi lokasi kegiatan, menyatakan bahwa momen tersebut adalah bagian dari kegiatan rutin harian yang tidak ada sangkut pautnya dengan kampanye politik.

Habib Lutfi bin Yahya dan Khairul Umam (H Her) di Madura

Photo :
  • Veros Afif (Pamekasan)

Dia menyayangkan adanya upaya memanipulasi momen tersebut untuk kepentingan politik dan menegaskan bahwa ini adalah kegiatan yang sudah lama mereka lakukan.

"Kegiatan itu rutin kami gelar di sini, karena bertepatan ada Gus Miftah, kami meminta beliau yang menyerahkan, dan beliau dengan senang hati melakukannya, itu saja, tidak ada tujuan lain," ujar Haji Her. (Veros Afif/Pamekasan-Madura)

Baca Juga :

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek