Pilihan

Pemerintah Turki Tangkap 98 Militan Kurdi, Dituding sebagai Separatis - inews

Pemerintah Turki Tangkap 98 Militan Kurdi, Dituding sebagai Separatis Turki menangkap militan Kurdi yang dituding sebagai separatis (Foto: Reuters)

ANKARA, iNews.id - Turki menangkap 98 tersangka atas dugaan keterlibatan dengan kelompok militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang. Mereka diduga merupakan militan Kurdi yang menyebarkan propaganda separatis.

Para tersangka ditangkap dalam operasi bersama di 18 provinsi, dengan sebagian besar penangkapan terjadi di wilayah tenggara.

PKK, yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh Uni Eropa, Amerika Serikat, dan Turki, memulai pemberontakannya melawan negara Turki pada tahun 1984, dan lebih dari 40.000 orang tewas dalam konflik tersebut.

Melansir dari Reuters, Senin (27/11/2023), Turki sering melakukan serangan udara lintas batas dan operasi melawan PKK.

Turki juga secara rutin melakukan operasi terhadap orang-orang yang terkait dengannya di dalam negeri.

Dalam beberapa minggu terakhir, Turki telah meningkatkan serangan terhadap militan Kurdi di Suriah dan Irak, serta terhadap anggotanya di dalam negeri. Para militan Kurdi dituding meledakkan bom di dekat gedung pemerintah di Ankara pada 1 Oktober.

Secara terpisah, Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya mengatakan polisi telah menghancurkan 63 tempat berlindung, gua, dan unit penyimpanan yang digunakan oleh militan PKK di enam provinsi.

"Tempat berlindung yang disiapkan oleh organisasi teroris untuk tujuan logistik dan untuk melakukan tindakan pada bulan-bulan musim dingin telah diidentifikasi dan dihancurkan satu per satu," kata Yerlikaya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek