Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Presiden Sebut Pembukaan Masjid Jokowi di Abu Dhabi Tanda Akrab Indonesia - UEA - Tempo

 

Presiden Sebut Pembukaan Masjid Jokowi di Abu Dhabi Tanda Akrab Indonesia - UEA

Reporter

Selasa, 26 Desember 2023 14:43 WIB

  • Bagikan


Presiden Joko Widodo alias Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA), Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan di Istana Al Shatie, Abu Dhabi, Jumat, 1 Juli 2022. Kunjungan Presiden Jokowi ke UEA diantaranya untuk membahas kerja sama ekonomi dan investasi. BPMI Setpres/Laily Rachev
Iklan

TEMPO.COJakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pembukaan Masjid Jokowi di Abu Dhabi merupakan tanda keakraban Indonesia dan Uni Emirat Arab. Ia menyebut dua negara semakin dekat di semua bidang.

Iklan

Masjid Jokowi dibuka di Abu Dhabi pada Kamis, 14 Desember 2023. Pembukaan masjid Presiden Joko Widodo tersebut ditandai dengan kegiatan peresmian oleh Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab (UEA) YM Suhail Al Mazroei, Kepala Awqaf (Otoritas Umum untuk Urusan Islam dan Waqaf) Dr Omar Habtoor Al-Direi, Dubes RI untuk UEA Husin Bagis dan Dubes UEA untuk Indonesia serta Dubes Non-Residen untuk Timor Leste, dan ASEAN, Abdullah Salem Aldhaheri.

Baca Juga:

"Kedua negara semakin dekat di semua bidang, dari ekonomi, pendidikan, hingga antarpribadi para pemimpin. Sebegitu akrabnya," kata Jokowi dalam unggahan di media sosial X miliknya, pada Selasa, 26 Desember 2023.

Selain Masjid Jokowi, kepala negara mengatakan, di kota Abu Dhabi ada Jokowi Street. Sementara di Indonesia ada Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed yang membentang dari wilayah Jakarta hingga ke Cikampek sepanjang 36,84 Kilometer. Semula itu dikenal Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Presiden memberi contoh lain, di kota Surakarta berdiri Masjid Agung Sheikh Zayed.

Masjid Jokowi berlokasi di area diplomatik Abu Dhabi dan dilalui oleh Jalan Presiden Joko Widodo. Masjid tersebut berdiri di atas tanah dengan luas 3.766 m2 dan dapat menampung hingga 2.500 jamaah. 

Baca Juga:

Masjid Jokowi diklaim telah dibangun dengan bahan yang berkualitas tinggi. Selain itu, terdapat banyak ornament kayu dan ukiran Asmaul Husna yang digunakan menghiasi masjid tersebut. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dibangun pada 2021, Masjid Jokowi di Abu Dhabi rampung Oktober 2023. Sekarang sudah dibuka untuk umum.

Hubungan diplomatik Indonesia dan UEA sudah terjalin dengan baik sejak tahun 1976. Uni Emirat Arab merupakan mitra perdagangan dan investasi utama Indonesia di Kawasan Timur Tengah.

UEA menjadi mitra dagang terbesar kedua bagi Indonesia di antara negara-negara Timur Tengah, dengan total perdagangan USD5,06 miliar. Selain itu, UEA telah menjadi salah satu pasar utama bagi Indonesia, dengan minyak sawit menjadi komoditas ekspor terpenting.

LAPORAN UTAMA

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

Istana Sebut Luhut Pandjaitan Sudah Lapor Jokowi untuk Kembali Bekerja setelah Sembuh

22 menit lalu

Presiden Jokowi (kedua kiri) berjalan bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) sebelum uji coba kereta cepat rute Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta, Rabu, 13 September 2023. ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Koordinator Staf Khusus Presiden mengatakan Luhut Pandjaitan sudah kembali aktif menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi.

Sebut Cak Imin Tak Konsisten, Budiman Sudjatmiko Singgung Rp 40 Triliun Investasi Sudah Masuk ke IKN

4 jam lalu

Wakil Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Budiman Sudjatmiko, menilai cawapres nomor urut satu, Cak Imin, tak konsisten soal IKN.

Kaleidoskop 2023: Kaesang Pangarep Masuk Politik, Langsung Jadi Ketum PSI

4 jam lalu

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat menggelar Kick of Pemenangan Pemilu 2024 di DPP PSI Pusat, Jakarta, Jumat, 24 November 2023. Jelang masa kampanye Kaesang memberi arahan kepada caleg PSI menggunakan cara dor to dor hingga pemasangan baliho, dia juga menargetkan partainya lolos parliamentary threshold sebesar 4 persen suara nasional untuk bisa masuk DPR RI. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Kaesang Pangarep, putra bungsu Jokowi sempat menyebut tak tertarik politik, gabung PSI menjelang pilpres. Langsung dinobatkan jadi ketua umum.

Jokowi akan Hadiri Perayaan Natal Nasional di Surabaya Besok

16 jam lalu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Seminar Nasional Outlook Perekenomian Indonesia di Jakarta, Jumat 22 Desember 2023. TEMPO/Subekti.

Jokowi akan menghadiri perayaan itu setelah melakukan kunjungan ke dua wilayah di Jawa Timur.

Ganjar Janji Lanjutkan Pembangunan Jokowi tapi Tak Pakai Kacamata Kuda, Apa Artinya?

17 jam lalu

Capres Ganjar Pranowo menghadiri langsung deklarasi yang diadakan di De Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar pada Ahad, 24 Desember 2023. TPN

Ganjar berjanji melanjutkan pembangunan yang dilakukan Presiden Jokowi bila menang dalam Pilpres 2024, tapi tak dengan kacamata kuda. Apa artinya?

Jokowi Bangun 25 Bandara Baru hingga 2023

22 jam lalu

Pekerja beraktivitas saat melanjutkan pembangunan terminal Bandara Rokot, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin, 6 Februari 2023. Kemenhub menganggarkan Rp730,19 miliar untuk pengembangan 18 bandara perbatasan, terisolir, dan rawan bencana termasuk Bandara Rokot Mentawai untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah di Indonesia. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Kemenhub mencatat pemerintahan Presiden Jokowi telah membangun 25 bandara baru pada periode 2015 hingga 2023.

Jokowi Dinilai Merapat ke Golkar karena PDIP Tak Memberi Rasa Aman

23 jam lalu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan saat Seminar Nasional Outlook Perekenomian Indonesia di Jakarta, Jumat 22 Desember 2023. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia dengan tema optimisme penguatan ekonomi nasional di tengah dinamika global. TEMPO/Subekti.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai pecah kongsi Jokowi dan PDIP membuat presiden merapat ke Golkar.

Pengamat Sebut Sinyal Jokowi Gabung Golkar Bukan Sekadar Gimik

23 jam lalu

Presiden Jokowi saat berpidato dalam agenda peluncuran transportasi ramah lingkungan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis, 21 Desember 2023. ANTARA/Andi Firdaus

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan spekulasi mengenai Jokowi merapat ke Golkar bukan hal yang aneh.

SBY dan Prabowo Hadiri Peringatan 19 Tahun Tsunami Aceh Hari Ini

1 hari lalu

Presiden ke-6 RI yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Bakal Calon Presiden yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Rapimnas Partai Demokrat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis, 21 September 2023. Partai Demokrat resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden 2024 serta bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju. TEMPO/M Taufan Rengganis

"Ini kewajiban, baik pemerintah Aceh maupun pusat untuk bersama-sama ke depan memajukan tanah Aceh," kata SBY.

Kaleidoskop 2023: Mahfud Md Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo setelah Gagal 2019, Sandiaga Uno Tersingkir

1 hari lalu

Pasangan capres cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengikuti Deklarasi Pemilu Damai di depan Kantor KPU RI, Jakarta, Senin 27 November 2023. KPU RI pada telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. TEMPO/Subekti.

Megawati Soekarnoputri mengumumkan calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo adalah Mahfud Md, pada Rabu 28 Oktober lalu.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek