Rusia Bakal Kerahkan Howitzer Terbaru dekat Perbatasan Finlandia dan Norwegia - inews

 

Rusia Bakal Kerahkan Howitzer Terbaru dekat Perbatasan Finlandia dan Norwegia Penampakan howitzer Koalitsiya-SV atau Coalition-SV milik militer Rusia pada 2015. (Foto: Vitaly Kuzmin)

MOSKOW, iNews.id – Rusia bakal mengerahkan howitzer terbarunya ke Distrik Militer Utara yang berbatasan dengan Finlandia dan Norwegia. Rencana tersebut diungkapkan oleh raksasa pertahanan negeri beruang merah, Rostec.

CEO Rostec, Sergei Chemezov mengatakan, pengujian unit artileri self-propelled Coalition-SV yang baru telah selesai. Produksi massal howitzer pun telah dimulai. Menurut dia, paket percontohan pertama howitzer itu akan dikirimkan pada akhir tahun 2023, katanya.

“Saya pikir mereka akan segera muncul di sana (di Distrik Militer Utara), karena howitzer kelas ini diperlukan untuk memberikan keunggulan dibandingkan model artileri Barat dalam hal jarak tembak,” kata Chemezov, dalam sebuah wawancara dengan kantor berita RIA, Rabu (27/12/2023).

Pada 2021, Presiden Rusia Vladimir Putin mengubah status Armada Utara Rusia, yang zona tanggung jawab utamanya adalah Arktik Rusia, menjadi Distrik Militer Utara. Perubahan itu dilakukan Putin dengan memasukkan juga wilayah Murmansk, yang berbatasan dengan Finlandia dan Norwegia.

Sejak melancarkan agresi militer besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022, Moskow menuduh negara-negara Barat secara bersama-sama melakukan perang proksi dengan Rusia. Moskow memperingatkan bahwa pihaknya akan membangun kekuatan di perbatasan baratnya setelah Finlandia bergabung dengan aliansi NATO yang dipimpin AS.

Sebelumnya pada Desember, kantor berita Rusia TASS melaporkan bahwa satu unit howitzer Coalition-SV telah dikerahkan ke garis depan di Ukraina.

Howitzer itu memiliki jangkauan hingga 70 kilometer. Senjata tersebut dilengkapi dengan meriam modern 2A88 kaliber 152 mm dengan kecepatan tembakan lebih dari 10 putaran per menit, serta sistem modern untuk mengotomatisasi proses pembidikan, pemilihan target, dan navigasi senjata.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

banner-litigasi
Kirimkan pertanyaanmu seputar hukum, Kami siap menjawab dan membantu permasalahanmu.
kirim

Baca Juga

Komentar