Pilihan

Bawaslu Jakpus Nyatakan Aksi Gibran Bagi-bagi Susu di CFD Langgar Aturan - inews

Bawaslu Jakpus Nyatakan Aksi Gibran Bagi-bagi Susu di CFD Langgar Aturan Bawaslu Jakpus menyatakan aksi Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bagi-bagi susu di CFD Jakarta melanggar aturan. (Foto: Carlos Roy Fajarta)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jakarta Pusat (Jakpus), Christian Nelson Pangkey, menyatakan aksi bagi-bagi susu yang dilakukan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka di CFD Jakarta melanggar aturan. Hal tersebut termuat dalam surat pemberitahuan tentang status temuan yang dipajang di mading lantai 1 Kantor Bawaslu Jakpus yang ditandatangani pada Rabu (3/1/2024).

"Merekomendasikan temuan dengan nomor register 001/Reg/TM/PP/Kota/1201/XII/2023 tentang adanya kegiatan pembagian susu oleh Gibran Rakabuming Raka (Cawapres nomor urut 02) kepada warga yang berada di wilayah car free day Jakarta Pusat tanggal 3 Desember 2023 yang telah diregister pada tanggal 11 Desember 2023, sebagai pelanggaran hukum lainnya," tulis pemberitahuan tersebut.

"Dan diteruskan kepada Bawaslu Provinsi DKI Jakarta untuk disampaikan kepada instansi yang berwenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," bunyi poin kedua surat tersebut.

Nama penemu diketahui bernama RA Rosaluna dengan nomor temuan 001/Reg/TM/ PP/Kota/12.0 1/XII/2023. Status temuan telah ditindaklanjuti Bawaslu Jakpus.

Terlapor dalam temuan tersebut ada empat orang, yakni Gibran Rakabuming Raka serta tiga caleg PAN yakni Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), Sigit Purnomo Syamsuddin Said (Pasha Ungu), dan Surya Utama (Uya Kuya).

Sebagaimana diketahui, Gibran Rakabuming Raka beserta jajaran partai koalisi membagikan susu dalam Car Free Day (CFD) Jakarta, Minggu (3/12/2023).

Kegiatan tersebut diduga melanggar Pasal 7 ayat 2 Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Aturan itu memuat HBKB tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik dan SARA serta orasi ajakan yang bersifat menghasut.

Editor : Rizky Agustian

Follow Berita iNews di Google News

banner-litigasi
Kirimkan pertanyaanmu seputar hukum, Kami siap menjawab dan membantu permasalahanmu.
kirim

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek