Ganjar Ingin Gas Natuna Digarap RI: Tunjukkan Power Kita di Mata Dunia - detik

 

Ganjar Ingin Gas Natuna Digarap RI: Tunjukkan Power Kita di Mata Dunia

By Retno Ayuningrum
finance.detik.com
January 7, 2024
Ganjar Pranowo.
Ganjar Pranowo.
Jakarta -

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo ingin agar Indonesia bisa mengeksploitasi sendiri sumber daya alam gas di Perairan Natuna Utara. Dia menilai ini bisa menjadi bukti kedaulatan Negara Republik Indonesia (NKRI) di wilayah Natuna Utara.

"Begitu saya jadi Presiden kita tunjukan kedaulatan kita, gas yang ada di Natuna Utara harus dieksploitasi oleh kita sendiri untuk tunjukkan power kita kepada dunia," kata Ganjar dalam Debat Ketiga Capres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Sementara untuk konflik di Laut China Selatan, Ganjar ingin membuat alutsista angkatan laut di sekitar Laut Cina Selatan menjadi prioritas. Kemudian, dia juga ingin mengevaluasi ASEAN dalam pengambilan keputusan yang tidak bisa diselesaikan oleh ASEAN karena prosesnya yang rumit.

"Saya tidak memberikan catatan ASEAN. Saya tahu persis pengambilan keputusan di Asean itu rumit minta ampun karena dengan harus dengan konsensus. Maka kenapa dengan banyak persoalan yang tidak selesai, di situlah kemudian amanah yang diberikan kepada saya revitalisasi ASEAN agar kemudian pengambilan keputusannya tidak bulat," jelasnya.

Pada debat ketiga Pilpres 2024 digelar di Istora Senayan kali ini kembali mempertemukan tiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Debat ini dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.


(das/das)

Baca Juga

Komentar