Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Bermanfaat, Segini Takarannya - detik

 Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Bermanfaat, Segini Takarannya

food.detik.com
minum kopi
Jakarta -

Kafein pada kopi dikenal bermanfaat meningkatkan performa atletik. Oleh karena itu, banyak orang memilih minum kopi sebelum olahraga. Namun, seberapa banyak yang boleh dikonsumsi?

Kafein dalam kopi dikenal bisa mendorong energi dan bersifat ergogenik. Artinya, bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan kecepatan. Dengan manfaat seperti ini, kopi pun akhirnya dipilih sebagai minuman berenergi yang dikonsumsi sebelum olahraga.

Meskipun kafein dapat meningkatkan performa atletik, tetapi kamu juga perlu memperhatikan asupannya. Jika kafein pada kopi dikonsumsi terlalu banyak, itu hanya akan menyebabkan gelisah dan dehidrasi.

Penting mengetahui seberapa banyak kafein yang seharusnya dikonsumsi sebelum olahraga. Merangkum Well and Good (15/11), ahli gizi mengungkap seberapa banyak kafein yang diperbolehkan diminum sebelum olahraga. Berikut penjelasannya!

1. Cara kafein meningkatkan kinerja atletik

Rutin Minum Kopi Dapat Cegah 5 Penyakit Kronis Ini, Apa Saja?Kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan kinerja atletik. Foto: Getty Images/iStockphoto/airdone

Ahli gizi olahraga Mandy Tyler, RD, CSDD, LD mengungkap, atlet seringkali mengonsumsi kafein sebelum olahraga untuk membantu meningkatkan kewaspadaan dan membantu dalam latihan dengan intensitas lebih tinggi.

Menurut ahli gizi, Roxana Ehsani, kafein juga terbukti bermanfaat. Sebuah tinjauan yang diungkap Roxana menemukan bahwa atlet pria mampu menghasilkan lebih banyak tenaga, lebih cepat, dan mampu mengangkat beban lebih banyak dengan kafein.

Bagaimana dengan perempuan? Siklus menstruasi cenderung mempengaruhi desain dan hasil penelitian. Namun, para peneliti telah menemukan, kafein tampaknya menjadi bantuan ergogenik yang lebih efektif dalam aktivitas aerobik, seperti lari cepat atau angkat beban pada pria, dibandingkan pada wanita.

Secara umum, kafein memang sangat bermanfaat diminum sebelum olahraga. Roxana pun merekomendasikan agar atlet minum kafein sebelum menjalani kompetisi atau pertandingan.

2. Jumlah kafein yang dibutuhkan selama olahraga

Happy new year 2024,2024 symbolizes the start of the new year. Close up of feet, sportsman runner running on treadmill in fitness club. Cardio workout. Healthy lifestyle, guy training in gym.Sebelum olahraga kamu mungkin butuh kopi. Namun, perhatikan takarannya. Foto: Getty Images/wombatzaa

Jumlah kafein yang dibutuhkan untuk sesi latihan atau kompetisi bervariasi berdasarkan berat badan. Ahli gizi Mandy Tyler, RD, CSSD, LD mengungkap, umumnya disarankan untuk mengonsumsi tiga sampai enam miligram kafein per kilogram berat badan. Kafein itu juga diminum satu jam sebelum olahraga.

Jika berat badan kamu 68 kilogram, berarti kafein yang dikonsumsi kurang dari 200 mg. Kamu juga bisa menghitungnya dari sebagian besar minuman berenergi. Misalnya konsumsi sekitar 295 ml - 354 ml cold brew atau 414 ml - 473 ml Americano. Perlu diingat, jumlah kafein pada kopi tergantung jenis biji dan cara penyembuhannya.

Efek minum kopi berlebihan sebelum olahraga hingga waktu terbaik minum kopi ada di halaman selanjutnya!

3. Jangan konsumsi kafein melewati batas

7 Kopi Terpopuler di Asia versi TasteAtlas, Indonesia Masuk Daftar!Jangan minum kopi diluar batas karena bisa menimbulkan efek berbahaya. Foto: TasteAtlas

Terkait kafein, Tyler memperingati agar tidak berasumsi bahwa lebih banyak lebih baik. Dosis kafein tinggi, seperti 9 miligram/kilogram berat badan atau lebih dapat menyebabkan efek samping negatif, seperti kegelisahan, mual, dan kecemasan.

Tyler juga memperingati untuk memeriksa ulang daftar bahan minuman energi atau suntikan energi karena dapat mengandung stimulan lain selain kafein.

Selain gelisah dan cemas, minum terlalu banyak kafein bisa menyebabkan buang air kecil berlebihan, sehingga berpotensi menyebabkan dehidrasi. Celine Thompson RDN mengungkap, untuk membatasi asupan kafein harian hingga 400 miligram demi menghindari efek kelebihan kafein.

4. Waktu terbaik untuk minum kopi

Minum secangkir kopi pada pagi hari memang memberi dorongan energi, tetapi energi tersebut tidak akan bertahan sampai sore. Agar efek kafein dalam meningkatkan performa atletik bisa berjalan efektif, kamu perlu mengatur waktu konsumsinya.

Ahli gizi Roxana Ehsani merekomendasikan untuk mengonsumsi kafein sekitar 45 sampai 60 menit sebelum beraktivitas. Sebab, dibutuhkan waktu sekitar selama itu hingga efeknya maksimal.




Simak Video "Tren Pastry 2024 Menurut Chef Dedy Sutan"


(aqr/adr)

Baca Juga

Komentar