Gudang Peluru Bekasi Meledak, Kadispenad: Granat Memungkinkan Terlempar ke Rumah Warga - Liputan 6

 

Gudang Peluru Bekasi Meledak, Kadispenad: Granat Memungkinkan Terlempar ke Rumah Warga

Kebakaran terjadi di Gudang Amunisi Artileri Medan (Armed) TNI di Kampung Parung Linang, Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Kebakaran melanda gudang peluru Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 07/155 GS Kodam Jaya, Jawa Barat. (Foto: tangkapan layar dari video yang beredar di media sosial).
Kebakaran melanda gudang peluru Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 07/155 GS Kodam Jaya, Jawa Barat. (Foto: tangkapan layar dari video yang beredar di media sosial).

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran terjadi di Gudang Amunisi Artileri Medan (Armed) TNI di Kampung Parung Linang, Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Sejumlah amunisi baik peluru hingga granat pun memungkinkan terlempar ke pemukiman warga.

“lya mungkin karena memang itu kan berbagai jenis amunisi ya, nanti kita sampaikan secara detail setelah kita cek lagi apa saja isi gudang itu saat ini. Kemudian itu kan memungkinkan karena kan berbeda-beda penyimpanannya, artinya ledakan yang bisa melempar sampai jauh peluru kemudian granat dan sebagainya akibat ledakan-ledakan dari peluru atau amunisi yang lainnya,” tutur Kadispenad Brigjen Kristomei Sianturi kepada wartawan, Sabtu (30/3/2024).

Sejauh ini, kata Kristomei, pihaknya dapat menyampaikan lebih detail terkait penyebab kebakaran Gudang Peluru Bekasi tersebut. Pihaknya masih berupaya mendekat ke lokasi kejadian dan menunggu situasi kondusif.

“Apabila masyarakat menemukan adanya benda-benda dari gudang amunisi, laporkan ke aparat setempat, tidak mendekat dan menjauh sehingga tim kami akan mengamankan benda tersebut ke tempat yang lebih aman,” kata Kristomei.

Gudang peluru yang terbakar lokasinya berada di perbatasan Bekasi dan Bogor.

2 dari 3 halaman

Warga Dievakuasi

Sebelumnya, api melumat Gudang amunisi Artileri Medan (Armed) di Ciangsana, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024) malam. Warga pun dievakuasi.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat, Brigadir Jenderal TNI Kristomei Sianturi.

"Iya benar, benar (kebakaran), " kata Kristomei saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (30/3/2024) malam, seperti dilansir Antara.

Kristomei belum bicara detail perihal kebakaran yang melanda Gudang Peluru Bekasi. Dia hanya menyampaikan, warga sipil berada di sekitar lokasi telah dievakuasi ke tempat lebih aman.

"Warga sudah kita evakuasi ke tempat lebih aman ya," tandas dia.

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Jawa Barat, menerjunkan tiga armada untuk memadamkan kebakaran di Gudang Amunisi Artileri Medan (Armed) TNI di Kampung Parung Linang, Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

"Kami sudah meluncurkan dari Disdamkar Kota Bekasi. Kami baru mendorong 3 unit mobil pemadam kebakaran di sana," kata Danton Pleton B Damkar Kota Bekasi Haryanto di Bekasi, Sabtu (30/3/2024) malam, seperti dilansir Antara.

Haryanto mengatakan bahwa petugas belum mampu memadamkan kobaran api meski sudah membantu menerjunkan bantuan mengingat ledakan yang terjadi di lokasi masih cukup besar.

Pemadaman akan dilakukan usai dirasa sudah aman.

3 dari 3 halaman

Viral

Berdasarkan video yang ramai di media sosial, terlihat terjadi ledakan di lokasi hingga mengakibatkan kepulan api membumbung tinggi di udara.

Warga yang merekam peristiwa tersebut tampak panik dan berteriak meminta sanak keluarga untuk masuk ke dalam rumah.

"Masuk, masuk, semuanya masuk ke dalam rumah!" kata salah satu warga dalam video tersebut.

Baca Juga

Baca Juga

Komentar