Pilihan

H-3 Lebaran, 50.000 Lebih Kendaraan Pemudik Masuk Banyumas - BeritaSatu

 

H-3 Lebaran, 50.000 Lebih Kendaraan Pemudik Masuk Banyumas

Banyumas, Beritasatu.com - Lebih dari 50.000 kendaraan pemudik tercatat memasuki Banyumas setelah diberlakukannya one way di exit Tol Pejagan pada Sabtu (6/4/2024). Data dari pos pantau Ajibarang menunjukkan, setidaknya ada 50.062 kendaraan masuk Banyumas, atau naik 44 persen dibanding kondisi sebelumnya. 

ADVERTISEMENT

Sedangkan kendaraan yang keluar Banyumas mencapai 25.921 kendaraan atau naik 22 persen dari kondisi normal.

Kendaraan yang masuk didominasi roda dua yaitu sebanyak 69 persen, sisanya 24 persen mobil, dan 7 persen bus dan truk. 

Kasatlantas Polresta Banyumas, Kompol Galuh Pandu Pandega Ferdiansah mengatakan, pada Minggu pukul 14.00 WIB, Satlantas Polresta Banyumas memberlakukan sistem one way.

"Ini adalah one way lokal diberlakukan imbas dari one way di exit Tol Pejagan pada pukul 11.00 WIB sampai 13.00 WIB. Sehingga diberlakukan one way lokal untuk memecah arus," kata Kasatlantas.

Saat memasuki Banyumas melalui Ajibarang, kendaraan yang berasal dari exit Tol Pejagan yang akan melaju ke arah selatan, diminta mengambil jalur kanan saat berada di simpang SPBU, Ajibarang.

Sementara kendaraan yang akan menuju Purbalingga, Purwokerto, Banjarnegara, dan warga lokal agar mengambil jalur lurus di simpang SPBU, Ajibarang. 

Kasatlantas menambahkan, pemberlakuan one way lokal tersebut dilakukan secara situasional dengan melihat kondisi kepadatan lalu lintas.

Selanjutnya Galuh Pandu menjelaskan, jam puncak arus kepadatan biasanya terjadi pagi terjadi pada pukul 10.00-11.00 WIB dengan volume total 2 arah 4.277 kendaraan per jam.

Jam puncak kepadatan sore terjadi pada pukul 17.00 - 18.00 dengan volume total dua arah 5.188 kendaraan per jam.

"Semalam ramai lancar terutama di Wangon dan Ajibarang. Kemudian di Sumpiuh perbatasan dengan Kebumen ramai lancar dan sedikit tersendat," lanjut Kasatlantas

Mengenai puncak arus mudik, Galuh Pandu mengaku, masih menunggu koordinasi dengan Jakarta terutama terkait penambahan arus kepadatan. Pihaknya masih terus memonitor peningkatan arus tersebut.

Menurutnya, peningkatan terutama terjadi pada siang sampai sore tapi masih terkendali. Kemacetan hanya terjadi di lampu merah.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek