Pilihan

Kakorlantas:Puncak Arus Balik Sudah Lewat, Arus Lalu Lintas Kembali Normal - BeritaSatu

 

Kakorlantas:Puncak Arus Balik Sudah Lewat, Arus Lalu Lintas Kembali Normal

Jakarta, Beritasatu.com - Kakorlantas Polri Irjen Pol, Aan Suhanan menyatakan puncak arus balik Lebaran 2024 telah selesai pada Selasa (16/4/2024) pukul 06.00 WIB. Sejumlah rekayasa lalu lintas (lalin), seperti one way dari km 414-km 72 telah berakhir pada Selasa (16/4/2024) pukul 08.00 WIB.

ADVERTISEMENT

“Pelaksanaan one way dari km 414 hingga km 72, tadi jam 8.00 WIB sudah ditutup karena situasi arus lalin dari Tol Trans Jawa dan selatan (Bandung), menunjukan angka yang melandai. Artinya angka normal,” kata Aan saat menutup rekayasa one way di kantor Jasa Marga, Cikampek, Jawa Barat, Selasa (16/4/2024).

Meski demikian, Aan mengatakan masih ada 30% kendaraan yang belum kembali ke Jabodetabek dari empat gerbang tol utama yaitu Cikampek Utama (Cikatama), Kalihurip Utama, Ciawi, dan Cikupa. “Artinya kalau dibagi menjadi dua, karena pelaksanaan WFH (work from home) hari ini dan besok, tinggal tersisa 15% per hari,” kata Aan.

Menurut Aan, angka tersebut relatif kecil sehingga diharapkan pelayanan lalu lintas berjalan tanpa perlu rekayasa lalu lintas. “Mudah-mudahan dengan angka yang kecil tersebut, kita masih bisa melayani pemudik dengan balik, dengan tidak melakukan rekayasa lalin, tetapi dengan tipe-tipe reguler,” kata Aan.

Adapun jika terjadi peningkatan volume kendaraan, kepolisian tetap mempersiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow. “Kalau ada peningkatan arus, kita akan melaksanakan contraflow dua lajur sampai tiga lajur, tergantung situasi lalin. Terutama di km 66 yang krusial,” kata Aan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek