Pilihan

Pemudik Dibatasi 30 Menit di Rest Area KM 57 Tol Cikampek - CNN Indonesia

 

Pemudik Dibatasi 30 Menit di Rest Area KM 57 Tol Cikampek

CNN Indonesia

MUDIK 2024

Kamis, 04 Apr 2024 17:03 WIB

Pembatasan waktu istirahat di rest area tol juga diberlakukan pada arus mudik Lebaran tahun sebelumnya.(CNN Indonesia/Taufik Hidayatullah)

Cikampek, CNN Indonesia --

Pengelola rest area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek membatasi waktu istirahat para pemudik selama 30 menit saat arus mudik Lebaran 2024.

Pembatasan waktu istirahat ini juga diberlakukan pada arus mudik Lebaran tahun sebelumnya.

"Tahun ini sama akan memberlakukan pembatasan waktu istirahat 30 menit," kata Manajer Kawasan Rest Area Km 57, Nawawi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (4/4).

Nawawi menerangkan pembatasan ini dilakukan untuk mencegah kepadatan di kawasan rest area. Selain itu, juga untuk memberikan kesempatan bagi para pemudik lain yang ingin beristirahat.

"Tujuannya supaya pemudik yang masih di jalan di ruas tol itu juga bisa beristirahat," ujarnya.

Menurut Nawawi, waktu 30 menit itu lebih dari cukup untuk melepas penat dan lelah para pemudik sehingga bisa kembali bugar saat melanjutkan perjalanan.

"Kalau untuk istirahat melepas lelah, mengembalikan stamina 30 menit cukup lah istirahat," ucap dia.

Di sisi lain, Nawawi menerangkan pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk melayani kebutuhan para pemudik. Mulai dari tenant makanan-minuman, toilet gratis, masjid, ruang laktasi, hingga posko kesehatan.

Nawawi juga menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Karawang untuk menyediakan mobil ambulans. Ini untuk mengantisipasi jika ada pemudik yang jatuh sakit dan harus segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Lebih lanjut, Nawawi turut mengimbau kepada para pemudik untuk selalu mengikuti aturan dan imbauan dari petugas, terutama terkait dengan parkir kendaraan. Hal ini, kata dia, dilakukan untuk memperlancar arus kendaraan di kawasan rest area.

Selain soal parkir kendaraan, Nawawi juga meminta kepada para pemudik untuk selalu menjaga kebersihan dan tak membuang sampah sembarangan.

"Kita sediakan tong sampah baik di area parkir dan pedestrian, tujuannya supaya pengunjung yang selesai makan bisa buang sampah dengan mudah. Jadi kalaupun rest area ini padat, tapi kebersihannya tetap terjaga, jadi para pemudik juga nyaman," tuturnya.

(dis/kid)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek