Hamas Berduka atas Meninggalnya Presiden Iran Raisi, Sebut Pembela Rakyat Palestina - inews

 

Hamas Berduka atas Meninggalnya Presiden Iran Raisi, Sebut Pembela Rakyat Palestina

KAIRO, iNews.id - Kelompok perlawanan Islam Palestina Hamas mengungkapkan duka cita atas meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi akibat kecelakaan helikopter. Raisi dianggap sebagai sosok pendukung rakyat Palestina selama perang terbaru melawan Israel.

“Para pemimpin ini mendukung perjuangan sah rakyat kami dalam melawan pemerintah Zionis, memberikan dukungan yang berharga terhadap perlawanan Palestina, dan melakukan upaya tak kenal lelah dalam solidaritas serta dukungan di semua forum dan bidang untuk rakyat kami di Jalur Gaza selama operasi Badai Al Aqsa,” bunyi pernyataan Hamas, dikutip dari Reuters, Senin (20/5/2024).

“Mereka juga melakukan upaya politik dan diplomatik yang penting untuk menghentikan agresi Zionis terhadap rakyat Palestina,” demikian isi pernyataan lanjutan.

Terpisah, kelompok perlawanan Palestina lain, Jihad Islam, menyebut Raisi dan Amirabdollahian memainkan peran penting dan jelas dalam mendukung serta membantu perjuangan rakyat Palestina dalam menghadapi agresi Zionis.

“Kami yakin Republik Islam Iran bisa mengatasi cobaan yang menyakitkan ini, karena negara ini telah mampu mengatasi semua kesulitan dan tantangan sepanjang perjalanannya beberapa dekade terakhir,” kata Jihad Islam.

Helikopter yang membawa Raisi dan Amirabdollahian jatuh di pegunungan Provinsi Azerbaijan Timur pada Minggu kemarin. Raisi dan pejabat lainnya dalam perjalanan pulang setelah menghadiri peresmian bendungan di perbatasan dengan Azerbaijan.

Otoritas Iran belum mengungkap penyebab pasti kecelakaan, namun insiden itu terjadi saat cuaca buruk dan kabut tebal.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Baca Juga

Komentar