Pilihan

Presiden Iran Raisi Meninggal, Kim Jong Un: Kontribusinya Besar dalam Kemajuan Revolusi Islam - inews

 

Presiden Iran Raisi Meninggal, Kim Jong Un: Kontribusinya Besar dalam Kemajuan Revolusi Islam

PYONGYANG, iNews.id – Pemimpin Korea UtaraKim Jong Un, mengirimkan pesan belasungkawa kepada Iran atas kematian Presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter akhir pekan lalu. Hal itu diungkapkan oleh media pemerintah Korut, KCNA, Selasa (21/5/2024).

Dalam pesannya, Kim menyebut kematian Raisi sebagai “kehilangan besar” bagi Iran. Dia pun berharap keluarga yang ditinggalkan menghadapi musibah dengan tabah dan dapat pulih secepatnya.

Bagi Kim, Raisi adalah seorang negarawan yang luar biasa sekaligus teman dekatnya. “Dia (Raisi) telah memberikan kontribusi besar bagi perjuangan rakyat Iran dalam menjaga kedaulatan, pembangunan, dan kepentingan negara mereka serta kemajuan revolusi Islam,” kata Kim seperti dikutip oleh KCNA.

Korea Utara dan Iran memiliki hubungan dekat. Menurut media Barat, kedua negara diduga telah bekerja sama dalam program rudal balistik, dan mungkin juga saling bertukar keahlian teknis.

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menlu Hossein Amirabdollahian meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di wilayah barat laut negara itu, Minggu. Sebelum terjadinya kecelakaan, Raisi menghadiri peresmian bendungan Qiz Qalasi Damdi di Provinsi Azerbaijan Timur pada pagi hari. Bendungan itu adalah proyek patungan Iran dengan Republik Azerbaijan.

Pada sorenya, Raisi dan rombongan pejabat Iran lainnya meninggalkan lokasi dengan menggunakan tiga helikopter. Dua helikopter dikatakan mendarat dengan selamat di tujuan. Akan tetapi, heli yang dinaiki Raisi dan Abdollahian tak kunjung tiba.

Pada Senin dini hari waktu setempat, drone Turki Bayraktar Akinci akhirnya menemukan puing-puing helikopter Raisi. Posisi bangkai kendaraan itu ditemukan dengan menggunakan teknologi pelacak panas. Pascapenemuan posisi heli itu, otoritas Turki lalu melanjutkan informasi tersebut ke pihak berwenang Iran.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek