AS Takut Bakal Disalahkan Iran atas Kecelakaan Heli yang Tewaskan Presiden Ebrahim Raisi - inews

 

AS Takut Bakal Disalahkan Iran atas Kecelakaan Heli yang Tewaskan Presiden Ebrahim Raisi

WASHINGTON DC, iNews.id – Pemerintahan Presiden AS Joe Biden khawatir Teheran akan menyalahkan Amerika Serikat atau Israel atas jatuhnya helikopter yang menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi. Ketakutan AS itu terungkap lewat laporan surat kabar Politico, Senin (20/5/2024).

Menurut laporan itu, Washington DC khawatir bahwa tuduhan dari Iran dapat menyebabkan peningkatan ketegangan dengan Israel. Dikatakan pula bahwa para pejabat AS pada Minggu (19/5/2024) sebenarnya diliputi rasa cemas mengikuti berita tentang helikopter jatuh tersebut. 

Mereka pun bertanya-tanya, bagaimana kalau-kalau kecelakaan itu bakal mengubah dinamika di Timur Tengah. “Untuk sementara, bukanlah hal yang gila untuk ditanyakan, ‘Apakah ini awal mula Perang Dunia III?” salah ujar salah satu pejabat AS seperti dikutip surat kabar tersebut.

Helikopter Bell 212 buatan AS yang membawa Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, dan enam penumpang serta awak lainnya, jatuh di bagian barat laut Iran pada Minggu (19/5/2024). Puing-puing helikopter mereka ditemukan pada Senin pagi kemarin. 

Wakil Presiden Iran, Mohsen Mansouri, kemudian membenarkan laporan media bahwa Raisi dan rombongannya, termasuk Menlu Abdollahian, tewas dalam kecelakaan helikopter itu.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Baca Juga

Komentar