Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei Umumkan 5 Hari Berkabung atas Kematian Presiden Raisi - inews

 

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei Umumkan 5 Hari Berkabung atas Kematian Presiden Raisi

Ahmad Islamy Jamil

TEHERAN, iNews.id – Pemimpin Tertinggi IranAli Khamenei, mengumumkan lima hari berkabung nasional atas meninggalnya Presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter akhir pekan kemarin. Hari ini, dia juga mengukuhkan Wakil Presiden Pertama Iran, Mohammad Mokhber, sebagai presiden sementara.

Sesuai UUD yang berlaku di Iran, republik Islam itu kini punya waktu maksimal 50 hari ke depan untuk menggelar pemilihan presiden, memilih pengganti Raisi.

Amirabdollahian Meninggal, Ali Bagheri Kani Ditunjuk Jadi Penjabat Menlu Iran

“Saya mengumumkan lima hari berkabung di depan umum dan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran,” ungkap Khamenei dalam sebuah pernyataan yang disiarkan kantor berita resmi IRNA, Senin (20/5/2024).

“Mokhber akan mengurus lembaga eksekutif (kepresidenan) dan wajib mengatur bersama para pimpinan legislatif dan yudikatif untuk memilih presiden baru dalam waktu paling lama 50 hari,” ujarnya.

Presiden Iran Meninggal, Putin Sebut Tragedi Besar: Dia Sahabat Sejati Rusia!

Menurut Pasal 131 Konstitusi Iran, sebuah dewan yang terdiri dari wakil presiden pertama, ketua parlemen, dan ketua pengadilan harus mempersiapkan penyelenggaraan pemilihan presiden baru.

Seperti Raisi, Mokhber juga dianggap dekat dengan Khamenei, yang memegang keputusan terakhir dalam segala urusan negara di Iran. Mokhber menjadi wakil presiden pertama pada 2021 ketika Raisi terpilih sebagai presiden.

Profil Mohammad Mokhber, Presiden Sementara Iran Pengganti Raisi

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Baca Juga

Komentar