Pilihan

Debat Pilpres AS 2024 Mulai Tanpa Jabat Tangan Biden-Trump - CNN Indonesia

 

Debat Pilpres AS 2024 Mulai Tanpa Jabat Tangan Biden-Trump

CNN Indonesia
Jumat, 28 Jun 2024 09:01 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan pendahulunya, Donald Trump, terlihat tidak berjabat tangan saat memasuki podium debat Pilpres AS 2024, Jumat (28/6) pagi.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan pendahulunya, Donald Trump, terlihat tidak berjabat tangan saat memasuki podium debat Pilpres AS 2024, Jumat (28/6) pagi. (Getty Images via AFP/JUSTIN SULLIVAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan pendahulunya, Donald Trump, terlihat tidak berjabat tangan saat memasuki podium debat Pilpres AS 2024, Jumat (28/6) pagi WIB.

Debat yang akan berlangsung selama 90 ini merupakan yang pertama kalinya presiden dan mantan presiden saling berhadapan.

Lihat Juga :

Biden dan Trump terakhir kali bertemu dalam debat pada 2020, di mana mereka juga tidak berjabat tangan karena protokol Covid-19.

Sebelum debat, dua staf lama Biden juga telah memprediksi tidak akan ada jabat tangan antara sang presiden dan Trump.

Dikutip CNN, satu dari mereka berkata: "Dia (Biden) tidak perlu melakukannya pada 2020, mengapa harus mengubahnya sekarang?"

Debat kali ini tampaknya tidak akan se-sengit debat Biden dan Trump lima tahun lalu yang didominasi oleh perang mulut tak berkesudahan.

Sebab kali ini, panitia akan mematikan mikrofon kecuali kandidat yang sedang mendapat giliran berbicara.

Aturan ini seakan diterapkan demi mencegah perang argumen tak berkesudahan yang terjadi pada debat lima tahun silam antara Biden dan Trump.

Pilihan Redaksi

Trump sering kali memotong omongan Biden hingga keduanya beradu mulut di luar konteks sesi dan topik debat.

Selain itu, sejumlah aturan ketat lainnya juga diterapkan untuk debat kali ini.

Salah satu aturan itu adalah tim kampanye masing-masing capres dilarang keras berbicara dan berinteraksi dengan tim kampanye mereka selama debat berlangsung, termasuk saat rehat iklan.

Kedua capres juga dilarang membawa alat peraga atau catatan apa pun ke atas podium. Biden dan Trump hanya akan diberikan pena, kertas kosong, dan sebotol air untuk menemani mereka selama debat berlangsung.

(rds)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek