Pilihan

Heboh Tangkapan Layar Diduga Rekaman CCTV Pembunuhan Vina, Begini Penjelasan Pakar Digital Forensik - Beritasatu

 

Heboh Tangkapan Layar Diduga Rekaman CCTV Pembunuhan Vina, Begini Penjelasan Pakar Digital Forensik

Jakarta, Beritasatu.com - Kasus pembunuhan Vina dan pacarnya Eky di Cirebon masih menjadi sorotan publik, terlebih beredarnya  tangkapan layar atau screenshoot rekaman CCTV yang diduga terkait pembunuhan Vina.

Menanggapi viralnya tangkapan layer CCTV kasus Vina tersebut, pakar Digital Forensik Ruby Alamsyah mengatakan tangkapan layar tersebut sangat tidak cukup data untuk dapat menganalisa keontentikan tangkapan layar tersebut, karena resolusinya jauh lebih rendah dari aslinya atau sumber CCTV-nya.

Menurut Ruby, CCTV bisa dijadikan barang bukti, tetapi apa yang sedang viral di media sosial itu tidak jelas. Tidak perlu dibahas terlalu detail, apakah bisa jadi bukti atau tidak, karena akun yang menyebarkan tangkapan layer tersebut harus memberikan bukti aksinya, yakni rekaman CCTV yang asli.

"Belum jelas apakah ini CCTV dari lokasi kejadian. Ini masih samar sekali, tetapi barang bukti berupa CCTV bisa dijadikan bukti elektronik yang sah bila diketahui sumber aslinya dari mana," kata Ruby saat diwawancara di program Beritasatu Utama di BTV, Senin (3/6/2024).

Menurut Ruby, perlu dilakukan proses digital forensik yang berlaku untuk bisa dipastikan keaslian sumber CCTV tersebut.

"Analisa digital forensik tergantung kualitas CCTV-nya nanti. Itu akan menentukan sulit atau tidaknya digital forensic," pungkasnya.

Vina Cirebon

Tangkapan Layar CCTV Vina

Rekaman CCTV Vina

Rekaman CCTV Pembunuhan Vina

Pakar Digital Forensik

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek