NATO Bakal Izinkan Ukraina Serang Rusia Pakai Senjata Barat, Hongaria: Ini Gila! - inewa

 

NATO Bakal Izinkan Ukraina Serang Rusia Pakai Senjata Barat, Hongaria: Ini Gila!

BRUSSELS, iNews.id - Menteri Luar Negeri HongariaPeter Szijjarto, mengecam rencana NATO mengizinkan Ukraina menggunakan senjata dari Barat untuk menyerang wilayah Rusia. Dia menyebut rencana itu sebagai tindakan yang gila. 

Diplomat top Hongaria itu pun memperingatkan bahwa tanggapan dari Rusia akan sangat keras jika wilayah mereka dihujani dengan senjata yang dipasok Barat.

"Saya pikir ini adalah ide yang gila karena, seperti yang telah kita lihat sebelumnya, Rusia akan merespons. Rusia tidak kekurangan amunisi atau peralatan. Responsnya akan berlipat ganda," kata Szijjarto kepada para wartawan Hongaria di Brussels, Belgia, Kamis (30/5/2024).

Dia pun menyerukan agar NATO menyudahi rencana semacam itu, sebelum menjadi tidak terkendali. Szijjarto juga mengkritik usulan yang dibuat oleh Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, agar aliansi tersebut mengambil alih koordinasi bantuan militer ke Ukraina. 

Stoltenberg mengatakan, langkah itu akan memberikan NATO peran yang lebih aktif dalam konflik tersebut. Namun, bagi Szijjarto, usulan Stoltenberg itu sama saja artinya NATO melewati batas yang sudah dibuatnya sendiri.

Awal pekan ini, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengonfirmasi bahwa dia mendukung pencabutan pembatasan penggunaan senjata Barat terhadap sasaran militer yang sah di wilayah Rusia.

Baca Juga

Komentar