Pilihan

Pasukan Perlawanan Irak Mengaku Siap Bekingi Hizbullah Jika Israel Serang Lebanon - TribunNews

 

Pasukan Perlawanan Irak Mengaku Siap Bekingi Hizbullah Jika Israel Serang Lebanon - TribunNews

TRIBUNNEWS.COM, BAGHDAD – Pasukan Perlawanan Islam di Irak (IRI) menyatakan siap membantu Hizbullah berperang melawan militer pertahanan Israel apabila nekat menyerang Lebanon.

“Kami menekankan bahwa akan berjuang bersama rekan-rekan mereka di kelompok Lebanon jika pemerintah Israel memutuskan untuk melancarkan perang baru di Lebanon,” tegas Pasukan Perlawanan Islam di Irak dikutip dari Al Mayadeen.

Dukungan solidaritas juga dilontarkan oleh sejumlah milisi Syiah Irak diantaranya ada kelompok perlawanan Kata'ib Hezbollah, Brigade Sayyid al-Shuhada atau Kata'ib Sayyid al-Shuhada (KSS) dan Harakat Hizbullah al-Nujaba.

Baca juga: Keluarga Tawanan hingga Pemukim Israel Tuntut Netanyahu Digulingkan

Ketiga kelompok Perlawanan Irak ini mengaku telah menyiapkan pasukan untuk menghadapi peningkatan agresi Israel apabila Netanyahu nekat menyerang Lebanon.

Menurut Surat kabar Lebanon al-Akhbar, kelompok Perlawanan Irak akan mulai mengirimkan pasukan dan sejumlah persenjataan setelah Pemimpin Hizbullah Lebanon, Hassan Nasrallah memberikan persetujuan untuk berperang melawan militer Israel.

“Jika diperlukan pejuang Irak di Lebanon selatan, kami akan menjadi pihak pertama yang menghadapi tindakan agresi musuh Zionis bersama Hizbullah,” tegas juru bicara Kata'ib Sayyid al-Shuhada, Kadhim al-Fartousi.

“Saat ini kami sedang menunggu persetujuan Hizbullah untuk berperang bersama menghadapi peningkatan agresi Israel terhadap Lebanon,” imbuhnya.

Mengukur Kekuatan Hizbullah

Juru bicara Kata'ib Sayyid al-Shuhada, Kadhim al-Fartousi, menyatakan bahwa Hizbullah memiliki kehebatan yang signifikan, persenjataan yang efektif, dan jumlah pejuang yang banyak, sehingga memungkinkannya untuk mengusir agresi Israel.

Menurut kabar yang beredar militer Hizbullah saat ini ditopang oleh persenjataan roket yang besar, seperti 150.000 rudal dan roket dengan berbagai jenis dan jangkauan diantaranya ada rudal Al-Mas, rudal anti-tank yang dipandu secara ekstensif menggunakan peluru kendali.

Baca juga: Populer Internasional: 80 Persen Terowongan Hamas Masih Utuh - IDF Mulai Kewalahan Hadapi Hizbullah

Kemudian ada rudal anti-pesawat yang dapat menembak jatuh sebuah pesawat atau jet tak berawak milik musuh yang melintas di atas LebanonHizbullah juga memiliki beberapa roket sumbangan seperti Raad (bahasa Arab untuk Guntur), Fajr (Fajar) dan Zilzal (Gempa Bumi), yang memiliki ledakan jumbo berkisar 300-500 kg.

Hizbullah kabarnya juga menyimpan sejumlah roket super lain yakni Fajr 3 dan 5 yang memiliki jangkauan antara 26 hingga 47 mil (43-75 km) dengan berbagai hulu ledak berdaya ledak tinggi. Serta rudal Fateh-110 yang membawa hulu ledak seberat 1.000 hingga 1.100 pon (450-500 kg) dengan jangkauan 155-186 mil (250-300 km).

Baca juga: Peringatan Para Ahli Israel: Dalam Waktu 72 Jam Saja, Hizbullah Bisa Bikin Israel Tidak Dapat Dihuni

Sementara itu menurut Direktur senior strategi dan inovasi di New Lines Institute, Nicholas Heras, apabila perang antara Hizbullah dan Israel pecah kemungkinan besar Iran akan turun tangan menyokong senjata dan pelindung untuk Hizbullah.

“Iran akan mempersenjatai Hizbullah secara menyeluruh dengan berbagai peralatan tempur mereka baik di darat, laut, dan udara bila Israel melakukan invasi ke Lebanon,” kata Heras.

Apabila hal ini terjadi pasukan pertahanan Israel bisa kelimpungan menghadapi serangan tersebut, mengingat selama 9 bulan terakhir mereka telah habis- habisan menangkis serangan dari Houthi di Laut Merah dan Hamas di jalur Gaza.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek