Pilihan

Pesawat Pengebom Rusia Nyelonong Masuk, Swedia Kerahkan Jet Tempur! - detik

 

Pesawat Pengebom Rusia Nyelonong Masuk, Swedia Kerahkan Jet Tempur!

Jakarta 

-

Menegangkan! Sebuah pesawat pengebom SU-24 Rusia melanggar wilayah udara Swedia di dekat pulau Gotland di Laut Baltik. Militer Swedia mengatakan bahwa pesawat tersebut baru meninggalkan wilayah tersebut setelah Swedia mengerahkan dua jet tempur JAS-39.

Insiden pada hari Jumat sore (14/6) waktu setempat itu, terjadi tiga bulan setelah negara Skandinavia itu menjadi anggota penuh NATO, sehingga mengakhiri dua abad non-aliansi militer.

"Pada Jumat sore, sebuah jet tempur SU-24 Rusia melanggar wilayah udara Swedia di sebelah timur ujung selatan Gotland. Komando tempur udara Swedia memperingatkan pesawat Rusia tersebut dengan seruan lisan," kata angkatan bersenjata Swedia, dilansir kantor berita AFP, Sabtu (15/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ketika seruan itu tidak diindahkan dan pesawat tidak beralih dari rutenya, maka pesawat tersebut dikeluarkan dari wilayah udara Swedia dengan menggunakan dua jet tempur JAS-39 Gripen," imbuh angkatan bersenjata Swedia.

Pelanggaran tersebut bersifat "singkat", kata militer Swedia.

"Tindakan Rusia ini tidak dapat diterima dan menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap integritas wilayah kami," kata kepala angkatan udara Swedia, Jonas Wikman.

Gotland terletak kurang dari 350 kilometer (217 mil) dari eksklave Kaliningrad, Rusia.

Doktrin militer Swedia menyatakan bahwa siapa pun yang menguasai Gotland mampu mengendalikan pergerakan udara dan laut secara luas di Laut Baltik.

Simak Video: Rudal Rusia Hantam Ukraina Selatan, Sedikitnya 8 Orang Tewas

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek