Nah, Ukraina Menyerang Wilayah Rusia Pakai Tank Challenger 2 Bantuan Inggris - inews

 

Nah, Ukraina Menyerang Wilayah Rusia Pakai Tank Challenger 2 Bantuan Inggris

LONDON, iNews.id - Ukraina dilaporkan menggunakan tank bantuan InggrisChallenger 2, untuk menyerang masuk ke wilayah Rusia, Kursk. Inggris mengirim 14 tank tempur tersebut ke Ukraina pada awal tahun ini untuk membantu negara itu berperang melawan Rusia.

Media Inggris Sky News, mengutip sumber keamanan, melaporkan tank itu digunakan oleh Brigade Serangan Udara Ke-82 Ukraina. Namun tak semua unit digunakan, sebagian disimpan.

Brigade Ke-82 merupakan salah satu unit militer Ukraina yang ikut serta dalam serangan masuk ke wilayah Rusia. Militer Ukraina mengerahkan beberapa unit tank Challenger 2 ke Rusia, namun sebagian dihancurkan. 

Akun Telegram Rusia yang biasa membagikan informasi seputar militer menyebutkan, tank Challenger 2 Ukraina hancur akibat serangan drone kamikaze.

Rekaman video yang diposting pada Minggu (11/8/2024) menunjukkan, drone-drone militer Rusia berkeliaran di dekat Kota Sheptukhovka, Kursk, untuk menyerang pasukan Ukraina dan kendaraan militer mereka yang menerobos masuk.

Sementara itu mantan Menteri Pertahanan (Menhan) Inggris Ben Wallace mengatakan kepada surat kabar The Times, aturan membolehkan Ukraina menyerang target di dalam wilayah Rusia menggunakan senjata apa pun dari Inggris, kecuali rudal jarak jauh Storm Shadow.

"Jika itu (serangan ke Rusia) melibatkan penggunaan senjata Inggris, selama senjata tersebut digunakan sesuai dengan hukum internasional, selalu diizinkan," katanya, seperti dilaporkan kembali RT, Jumat (16/8/2024).

Baca Juga

Komentar