7 Perjalanan Kereta Terlambat Imbas KA Taksaka Tabrak Truk Molen di Bantul - inews

 

7 Perjalanan Kereta Terlambat Imbas KA Taksaka Tabrak Truk Molen di Bantul - Bagian all

YOGYAKARTA, iNews.id - PT KAI Daop 6 Yogyakarta melaporkan sebanyak tujuh perjalanan kereta api terganggu imbas Kereta Api Taksaka relasi Stasiun Gambir - Yogyakarta menabrak truk molen di perlintasan sebidang, JPL 714, Kilometer 531+000, jalur hulu antara Stasiun Sentolo-Rewulu, Kabupaten Bantul, Rabu (25/9/2024).

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan, tujuh perjalanan kereta yang mengalami keterlambatan yakni KA Mataram relasi Pasar Senen-Solo Balapan, terlambat 15 menit, KA Singasari relasi Pasar Senen-Blitar, terlambat 24 menit. Selain itu, KA Bogowonto relasi Pasar senen-Lempuyangan, terlambat 27 menit. 

Kemudian, KA Bandara YIA terlambat 24 menit, KA Bandara ke Yogyakarta terlambat 41 menit. Kereta api Bandara ke YIA (PLB 701A), terlambat 16 menit, dan Kereta api Taksakamengalami kelambatan 192 menit.

Krisbiyantoro mengungkapkan, kejadian bermula ketika sopir truk tidak mengindahkan sirene atau isyarat, bahwa kereta api akan lewat. Sehingga ia terjebak dan membuat tabrakan tak terelakkan. 

"Kecelakaan ini mengakibatkan terganggunya perjalanan kereta api,  kerusakan pada sarana dan prasarana kereta api serta Awak Sarana Perkeretaapian mengalami cidera. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” katanya.

Krisbiyantoro menyesalkan atas kejadian tersebut. Pasalnya, telah dilakukan penindakan pelanggaran di pelintasan sebidang dilakukan serempak oleh jajaran Kepolisian di Jawa dan Sumatera bersama KAI dan stakeholder terkait lainnya. “Ini mestinya bisa membuat para pengguna jalan lebih tertib dalam berlalu lintas," ucapnya.

Krisbiyantoro mengatakan Daerah Operasional 6 Yogyakarta telah melakukan tindakan cepat memastikan kondisi penumpang terlebih dahulu dan melakukan evakuasi rangkaian ke stasiun terdekat, agar dampak keterlambatan kereta api Taksaka dan kereta lainnya dapat diperkecil dengan memastikan keselamatan terlebih dahulu.  

“Untuk mengevakuasi rangkaian ke stasiun terdekat agar tidak mengganggu perjalanan kereta api lainnya, dengan didatangkan lokomotif penolong dari Depo Yogyakarta dan dari Stasiun Rewulu. Kondisi lokomotif dan 1 kereta eksekutif mengalami kerusakan. Selain itu, prasarana perkeretaapian gardu PJL juga mengalami kerusakan,” katanya. 

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Baca Juga

Komentar