BPBD Bangun Pengungsian untuk Warga Terdampak Gempa Bandung - RRI

 

RRI.co.id - BPBD Bangun Pengungsian untuk Warga Terdampak Gempa Bandung

KBRN, Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat telah membangun lokasi pengungsian untuk 710 warga terdampak gempa bumi magnitudo 5,0. Hal ini disampaikan Pranata Humas Ahli BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat.

Ia menyebut, lokasi pengungsian itu dibangun, antara lain di halaman depan Kantor Kecamatan Kertasari, Masjid At Thohiriyah dan Masjid Albarokah Kecamatan Kertasari. "Lokasi-lokasi tersebut memang masih belum maksimal," katanya dalam perbincagan bersama Pro 3 RRI, Kamis (19/9/2024).

Menurutnya, pihahknya membutuhkan beberapa tenda pengungsian lagi di lokasi pengungsian ini. Saat ini, para warga yang mengungsi menggunakan terpal untuk berteduh.

"Kita upayakan supaya lebih tertutup, karena memang kondisi cuaca cukup dingin kalau malam," ujarnya. Dengan kondisi cuaca dingin itu, Hadi khawatir hal itu akan mengganggu kesehatan masyarakat. 

Selain tenda, menurutnya, ketersediaan alas tidur, selimut dan bahan pangan juga dibutuhkan. Hadi memastikan untuk para pengungsi tersebut, rencananya akan disediakan dari BPBD Jawa Barat, selain itu, diminta dari BPBD Kabupaten/Kota setempat. 

"Kebetulan hari ini dari BNPB juga akan membawa bantuan untuk masyarakat, untuk layanan dasar," ucapnya. Lebih lanjut, Hadi menyampaikan, bahwa dapur umum untuk keperluan makanan bagi para pengungsi juga telah dibangun. 

Dapur umum ini dibangun dari Dinas Sosial Jawa Barat, Polda Jawa Barat dan BPPBD Jawa barat. Pascagempa yang terjadi pada Rabu kemarin, menurut Hadi, sempat terjadi gempa susulan. 

Namun, intensitas gempa ini semakin menurun. "Itu adalah biasanya hal yang terjadi setelah gempa yang besar," ujarnya.

Terkait hal ini, Hadi juga mengatakan, pihaknya kerap mengedukasi masyarakat agar tetap tenang menghadapi situasi pasca-gempa bumi ini. "Edukasi ini dilakukan oleh tim kami yang ada di lapangan," katanya.

Menurut Hadi, para warga yang mengungsi ini juga membutuhkan obat-obatan dan alat kebersihan. Selain  itu, kebutuhan untuk anak-anak dan bayi seperti, makanan bayi, susu, dan popok. 


Baca Juga

Komentar