Menhan Israel Deklarasikan Perang Lawan Kelompok Hizbullah, Sebut Pertempuran Baru Dimulai - inews

 

Menhan Israel Deklarasikan Perang Lawan Kelompok Hizbullah, Sebut Pertempuran Baru Dimulai

TEL AVIV, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Israel Yoav Gallant mengungkapkan perang fase terbaru telah dimulai. Kini front pertempuran telah bergeser dari Jalur Gaza ke perbatasan utara Israel.

Ini berarti Israel memfokuskan kekuatan militernya untuk melawan kelompok Hizbullah Lebanon.

“Kita berada di awal fase baru perang. Kita sedang mentransfer pasukan, sumber daya, dan energi ke wilayah utara. Operasi sedang dilaksanakan oleh semua badan, dan operasi ini memiliki tugas yang jelas dan sederhana,  memulangkan penduduk di wilayah utara dengan selamat ke rumah mereka," kata Gallant, dikutip dari Sputnik, Kamis (19/9/2024).

Dia menambahkan, hasil operasi Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Badan Keamanan Israel, dan badan intelijen Mossad telah meraih hasil yang baik sejauh ini. Pasukan Israel diketahui telah melakukan latihan sejak beberapa bulan lalu di perbatasan dengan Lebanon untuk persiapan invasi.

Aksi saling serang Israel dengan kelompok Hizbullah telah berlangsung sejak Oktober 2023 atau seiring dengan perang di Jalur Gaza. Serangan kedua pihak semakin intensif sejak Israel membunuh komandan senior Hizbullah Fuad Shukr pada 30 Juli lalu. 

Di kesempatan terpisah, Kepala Staf Umum IDF Herzi Halevi mengatakan pihaknya telah menilai situasi di front utara dan menyetujui rencana serangan ke Lebanon.

"Hari ini (Rabu), Kepala Staf Umum, Herzi Halevi, mengadakan penilaian situasi di Komando Utara dengan anggota Forum Staf Umum, dan menyetujui rencana pertahanan dan serangan untuk wilayah utara," bunyi pernyataan IDF.

Baca Juga

Komentar