Para Komandan Hizbullah Selamat dari Ledakan Pager di Lebanon, Ternyata Ini Rahasianya - iness

 

Para Komandan Hizbullah Selamat dari Ledakan Pager di Lebanon, Ternyata Ini Rahasianya - Bagian All

BEIRUT, iNews.id – Para komandan gerakan Hizbullah Lebanon diketahui menggunakan pager sebagai alat komunikasi mereka satu sama lain. Akan tetapi mereka semua ternyata selamat dari insiden ledakan massal pager yang terjadi di seluruh negeri itu pada Selasa (17/9/2024) lalu.

Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah mengatakan, para komandan di kelompok itu menggunakan pager jenis lama. Dengan begitu, mereka tidak terluka dalam ledakan tersebut.

“Para panglima senior menggunakan pager model lama, yang baru sudah dibuang, jadi staf komando kami tidak terpengaruh oleh tindakan keji (Israel) ini,” kata Nasrallah dalam pidato yang disiarkan oleh lembaga penyiaran Lebanon.

Dia juga berjanji untuk membalas Israel atas sabotase tersebut. Namun, dia tidak memberikan perincian seperti apa pembalasan yang akan dilakukan Hizbullah.

Sedikitnya 11 orang tewas dan lebih dari 2.800 orang terluka akibat ledakan massal pager di seluruh Lebanon pada Selasa lalu. Sehari sesudahnya, 25 orang tewas dan lebih dari 600 orang terluka akibat ledakan massal walkie talkie di negeri seluruh Arab itu.

Pemerintah Lebanon yakin bahwa dinas intelijen Israel berada di balik ledakan tersebut. Sementara laporan The New York Times menyebutkan, Israel menanam bahan peledak dalam sejumlah pager baru sebelum diekspor ke Lebanon. Informasi itu diungkapkan oleh sumber-sumber di pemerintahan Amerika Serikat pejabat lainnya yang mengetahui operasi terebut.

Baca Juga

Komentar