Pengumuman Kabinet Prabowo Dinilai Bakal Beri Sinyal Positif Bagi Ekonomi - inews

 

Pengumuman Kabinet Prabowo Dinilai Bakal Beri Sinyal Positif Bagi Ekonomi - Bagian all

Kabinet pemerintahan baru Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan diumumkan pada Oktober 2024. 

Pengumuman Kabinet Prabowo Dinilai Bakal Beri Sinyal Positif Bagi Ekonomi. Foto: MNC Media.

Pengumuman Kabinet Prabowo Dinilai Bakal Beri Sinyal Positif Bagi Ekonomi. Foto: MNC Media.

IDXChannel Kabinet pemerintahan baru Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan diumumkan pada Oktober 2024. 

Struktur pembantu Presiden ini dinilai akan menjadi sinyal positif bagi pertumbuhan makro ekonomi di semester II-2024. 

Pakar ekonomi sekaligus Direktur Eksekutif Segara Research Institute, Piter Abdullah, memandang hal tersebut akan menjadi petunjuk bagi para pelaku pasar

"Oktober ini (2024) kan diperkirakan Pak Prabowo umumkan kabinetnya," ujar Piter dalam sesi Diskusi Publik Kelompok Jurnalis Ekonomi Jakarta (KJEJ), Rabu (25/9/2024). 

Pelantikan kabinet Prabowo, kata Piter, akan memberikan sinyal seperti apa perubahan yang akan terjadi.

Kebijakan fiskal Prabowo yang pro terhadap pasar akan membuat kondisi ekonomi Tanah Air semakin baik. Dinamika itu didukung oleh proyeksi jika Bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed), bakal memangkas suku bunga acua sebesar 25 basis poin (bps) di akhir 2024. 

"Nah, kalau ada sinyal yang memberikan harapan yang lebih besar, terlepas dari apapun yang terjadi, maka itu akan mendorong, apalagi The Fed menurunkan suku bunganya," kata dia.

Penurunan suku bunga The Fed mendorong aliran atau likuiditas global masuk ke negara yang dinilai memberi keuntungan, termasuk Indonesia.

Indonesia menjadi menarik saat ini setelah Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan alias BI rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6 persen. 

"Saya perkirakan aliran dari luar akan masuk, tapi masuknya ke pasar portofolio, pasar keuangan, pasar modal kita akan lebih cerah," kata Piter.

(NIA DEVIYANA)

Baca Juga

Komentar