Waspada Penipuan CPNS 2024, KemenPANRB-BKN Tak Kerja Sama dengan Bimbel Manapun! - detik

 

Waspada Penipuan CPNS 2024, KemenPANRB-BKN Tak Kerja Sama dengan Bimbel Manapun!

Jakarta 

-

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan website asn.or.id telah mencatut nama instansinya sebagai penyelenggara bimbingan belajar (bimbel) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 tersebut.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kemdikbud, mencatut adalah menyalahgunakan kekuasaan, nama orang, jabatan, dan sebagainya untuk mencari untung. Arti lain mencatut adalah mencari keuntungan dengan jalan tidak sah, misalnya dengan cara menipu atau mengakali.

KemenPANRB dan BKN menegaskan pihaknya tidak berkerja sama dengan lembaga bimbel manapun untuk seleksi masuk Calon Aparatur Sipil Negara (ASN).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kementerian PANRB dan BKN tidak berafiliasi/bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar persiapan seleksi CASN manapun," tulis kedua pihak dalam pos di akun Instagram resmi @kemenpanrb dan @bkngoidofficial, Jumat (13/9/2024).

"Hati-hati, website asn.or.id telah mencatut nama Kementerian PANRB dan BKN sebagai penyelenggara," lanjutnya.

Pencatutan Nama KemenPANRB & BKN di Website Bimbel CPNS 2024

Pos Kementerian PANRB dan BKN tersebut menampilkan tangkapan layar asn.or.id di laman beranda dan laman kontak yang mencatut namanya. Pada bagian beranda, tampil tulisan "Tryout CPNS & PPPK Langsung dari BKN".

Sementara itu diakses detikEdu pada Jumat (13/9/2024) pukul 17.07 WIB, tulisan tersebut kini menjadi "Tryout CPNS & PPPK 2024" saja.

Dilihat detikEdu, tulisan tersebut diiringi dengan kalimat "Ikuti Simulasi CAT dan dapatkan prediksi soal CPNS & PPPK sesuai kisi-kisi 2024. Setiap soal-soal diisi oleh Tim ASN. Selain latihan soal, ada juga pembahasan detail, materi pendalaman, dan fasilitas lainnya."

Di sisi lain, jika pengunjung website klik Daftar Gratis! atau Masuk Sistem, maka akan muncul laman pendaftaran bimbel.asn.go.id. Pada laman pendaftaran bimbelnya, website asn.go.id mencatut logo BKN.

Bimbel CPNS asn.or.id mencatut logo BKN pada laman pendaftarannya.Bimbel CPNS asn.or.id mencatut logo BKN pada laman pendaftarannya. Foto: Tangkapan layar asn.or.id

Diakses kembali pada pukul 18.15 WIB, logo BKN pada laman pendaftaran bimbel asn.or.id telah hilang dan diganti dengan logo hitam-biru dengan tulisan 'ASN'.

Kembali ke tangkapan layar asn.or.id oleh KemenPANRB dan BKN, bagian kontak asn.or.id mencantumkan sebuah nomor handphone 08159555905, alamat Kementerian PANRB di Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 38 Jakarta Selatan 12710, dan email informasi@kemenpanrb.go.id.

Dicek via Getcontact, nomor tersebut tersimpan pada perangkat sejumlah user dengan nama Ardina, Dina, Admin Ardata, Ardata Media, hingga Pembuat Aplikasi Koperasi. Sejumlah nama kontak yang berawalan Cv Ardata Media memiliki variasi sambungan, antara lain jasa Landing Page, Jasa Live Tiktok, Outlook Hanchen, dan Backlink.

Sedangkan dicek ke laman resmi Kementerian PANRB di menpan.go.id, alamat KemenPANRB yakni Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan - 12190, telepon (+6221) 7398381-89, dan email dengan domain @menpan.go.id, bukan @kemenpanrb.go.id.

"Mempersiapkan diri menuju Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) memang sangat penting untuk dilakukan. Tapi kalian harus berhati-hati ya pada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," tulis KemenPANRB dan BKN pada pos di akun Instagram resminya.

"Kementerian PANRB dan @bkngoidofficial tidak berafiliasi/bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar persiapan seleksi CASN mana pun. Kami imbau #RekanASN dan Sahabat Muda untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap lembaga bimbingan belajar persiapan seleksi CASN yang mencatut nama Kementerian PANRB atau BKN," imbuhnya.

(twu/nwk)

Baca Juga

Komentar