Kolaborasi Investor Asing dan Lokal di IKN, Bawa Perubahan Ekonomi - inews

 

Kolaborasi Investor Asing dan Lokal di IKN, Bawa Perubahan Ekonomi - Bagian All

JAKARTA, iNews.id - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur sudah memasuki tahap 8 dengan kolborasi bersama tiga investor asing yang ikut membangun IKN. Nilai investasi mencapai Rp950 miliar dari investor China, Australia dan Australia.

Groundbreaking IKN tahap 8 ini dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu 25 September 2024. Selain investor asing, juga ada investor lokal yang membangun IKN.

Delonix yang merupakan perusahaan asal China membangun kawasan mix-used mencakup pembangunan mal, hotel hingga apartemen.  Sementara itu, dua investor asing lainnya bakal bermitra dengan pengusaha lokal RI yakni Australian Independent School dan Magnum Estate yang merupakan perusahaan properti asal Rusia

Total investasi yang mengalir ke IKN pada groundbreaking tahap 8 sebesar Rp1,075 triliun, dengan rincian Rp300 miliar oleh Magnum Estate. Kemudian, nilai investasi dari Delonix sebesar Rp500 miliar.

Australian Independent School menyuntikkan dana Rp150 miliar, sehingga total ada Rp950 miliar dana asing yang masuk ke Indonesia.  

Sementara itu, untuk investasi lokal pada groundbreaking IKN tahap 8 sebesar Rp125 miliar dengan perincian nilai investasi D’Prima mencapai Rp100 miliar, sedangkan Teras Hutan IKN by Plataran investasi Rp25 miliar. 

Presiden Jokowi menegaskan bahwa semakin banyak investasi mancanegara yang mulai berdatangan ke IKN, menandakan kepercayaan investor global terhadap potensi besar yang dimiliki oleh IKN.

“Mulai berdatangan investasi-investasi dari mancanegara yang memberikan kepercayaan dan rasa confident kita bahwa Nusantara adalah lokasi yang sangat menarik bagi sebuah investasi,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi pernah berujar bahwa pembangunan IKN adalah pekerjaan yang besar. Jokowi menyebut pembangunan IKN Nusantara ini diperkirakan bisa diselesaikan selama 15-20 tahun ke depan.

"Ini kan sebuah pekerjaan yang raksasa besarnya, ini pekerjaan yang besar sekali dan juga bukan pekerjaan yang mudah, ini pekerjaan rumit. Oleh sebab itu, memang butuh waktu yang panjang," kata Jokowi.

Pembangunan IKN ini merupakan salah satu proyek prioritas strategis yang tercantum dalam RPJMN 2020-2024. Indikasi nominal kebutuhan pendanaan IKN yang tercantum dalam RPJMN 2020-2024 sebesar Rp466 triliun. Pendanaan tersebut bersumber dari bermacam-macam skema menurut lampiran II UU IKN. Skema-skema yang akan digunakan adalah sebagai berikut:

1. APBN yang dapat dilakukan melalui alokasi anggaran belanja dan/atau pembiayaan.
2. Skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) untuk mendukung IKN
3. Seluruh atau sebagian modalnya dimiliki negara termasuk BUMN/swasta murni antara lain: a. BUMN Melalui Investasi yang dalam pelaksanaannya dapat bekerja sama dengan swasta; b. BUMN melalui penugasan dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; c. swasta murni, melalui investasi murni dari swasta yang dapat diberikan insentif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
5. Skema dukungan pendanaan/pembiayaan internasional: dukungan pendanaan/pembiayaan internasional merupakan skema untuk mewadahi pemberian dana antara lain dari bilateral/lembaga multilateral yang hendak berpartisipasi dalam pengembangan IKN yang hijau dan cerdas yang dapat melalui hibah dan/ataupemberian dana talangan
Skema pendanaan lainnya(creative financing), seperti crowdfunding dan dana dari filantropi

Investor asing menunjukkan ketertarikan yang sama kuatnya dengan investor dalam negeri terhadap potensi Nusantara. Namun demikian, Otorita IKN tetap mengedepankan kehadiran merek lokal yang menjadi kebanggaan nasional. Hal ini sejalan dengan visi Nusantara sebagai karya anak bangsa yang mampu berkontribusi besar tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga bagi komunitas internasional.

“Dari 8 groundbreaking selama setahun, sejak grounbreaking tahap 1 di September 2023 hingga tahap 8 di September 2024 menunjukkan, bahwa investasi di IKN benar-benar berjalan dan terwujud. Bahkan sudah ada yang beroperasi dan diresmikan. Komitmen Presiden Jokowi untuk menjadikan investasi sebagai pilar dominan pembangunan IKN, telah terwujud pondasinya setahun ini oleh Otorita IKN dengan Investor Pelopor dari dalam negeri maupun luar negeri. Keberlanjutan IKN ke depan oleh Presiden terpilih akan semakin menguatkan keyakinan investor di masa depan,” kata Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono.

Tahapan Pembangunan IKN

Pembangunan IKN direncanakan dalam beberapa tahap, dimulai dari 2022 hingga 2045 dengan target mencapai 1,9 juta jiwa. Seluruh tahapan tersebut diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2022 mengenai Rencana Induk IKN.

1. Target tahapan 2022-2024

Pemindahan tahap awal ke Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) mencakup pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR RI, dan perumahan, serta pemindahan awal ASN.

Infrastruktur dasar untuk 500 ribu penduduk juga sedang dibangun dan mulai beroperasi. Presiden Republik Indonesia telah merayakan HUT Ke-79 RI di Kawasan IKN pada 17 Agustus 2024.

2. Target tahapan 2025-2035

Pengembangan IKN sebagai kawasan inti yang kuat mencakup pembangunan fase kota selanjutnya, termasuk pusat inovasi dan ekonomi, serta penyelesaian pemindahan pusat pemerintahan.

 Selain itu, IKN akan mengembangkan sektor-sektor ekonomi prioritas, menerapkan insentif bagi sektor-sektor tersebut, dan berupaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

3. Target tahapan 2035-2045

 Pembangunan infrastruktur dan Ekosistem Tiga Kota bertujuan menjadikan kawasan ini sebagai destinasi utama FDI di sektor-sektor ekonomi prioritas Indonesia, serta masuk dalam lima besar destinasi teratas di Asia Tenggara.

Upaya ini juga mencakup pengembangan jaringan utilitas berkelanjutan melalui penerapan enablers ekonomi sirkuler, serta pengembangan pusat inovasi dan talenta.

4. Tahapan target 2045-seterusnya

 Memantapkan diri sebagai "Kota Dunia untuk Semua," kota ini berambisi menjadi yang terdepan di dunia dalam daya saing. Dengan masuk ke dalam daftar 10 Kota Paling Layak Huni.

Kota ini juga menargetkan pencapaian emisi karbon nol bersih serta penggunaan 100 persen energi terbarukan pada kapasitas terpasang, menjadikannya IKN sebagai kota pertama di dunia dengan populasi lebih dari 1 juta jiwa yang berhasil mencapai tujuan tersebut.

 Pemerintah yakin bahwa melalui setiap tahapan yang berjalan, IKN akan berkembang menjadi pusat pemerintahan yang modern, berkelanjutan, dan siap beroperasi sepenuhnya pada tahun 2045, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

IKN dirancang untuk mendukung pencapaian target Indonesia sebagai negara maju, sesuai dengan Visi Indonesia Emas 2045.

Dengan mengusung identitas nasional, IKN diharapkan mengalihkan fokus pembangunan menjadi lebih Indonesia-sentris dan mempercepat transformasi ekonomi negara.

 Tahapan pembangunan ini juga diharapkan menjadi langkah bersejarah dalam menciptakan pemerataan pembangunan di setiap antarwilayah dan mengurangi beban Jakarta sebagai pusat pemerintahan.

Baca Juga

Komentar