PN Andoolo Tangguhkan Penahanan Guru Honorer Supriyani Usai Kasusnya Dituduh Aniaya Siswa Viral - merdeka

 

PN Andoolo Tangguhkan Penahanan Guru Honorer Supriyani Usai Kasusnya Dituduh Aniaya Siswa Viral - merdeka

Supriyani harus mendekam dipenjara usai dijadikan tersangka atas tuduhan menganiaya siswa diduga anak polisi.

Pengadilan Negeri Andoolo menyetujui pengajuan penangguhan penahanan terhadap guru honorer Supriyani. Sebelumnya, ramai dukungan publik terhadap Supriyani di media sosial (medsos).

Kepala Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri Konawe Selatan, Teguh Oki Tribowo mengatakan penangguhan penahanan terhadap Supriyani telah disetujui. Hal itu, setelah adanya penetapan hakim PN Andoolo, pada Selasa (22/10).

“Karena perkara ini sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Andoolo maka persidangan akan dilanjutkan untuk menemukan kebenaran materil," ujarnya melalui keterangan tertulisnya.

Teguh mengatakan nantinya Jaksa Penuntut Umum akan mempertimbangkan segala aspek penuntutan. Sebelumnya, LBH HAMI yang mengawal kasus yang menjerat Supriyani mengajukan surat permohonan penangguhan penahanan Nomor 050/LBH-HAMI-Konsel/X/2024 pada 21 Oktober 2024.

Dalam permohonan tersebut terdapat LBH HAMI memberikan pertimbangan, yakni Supriyani yang masih memiliki anak balita yang membutuhkan perhatian dan pengasuhan yang intens. Supriyani tercatat aktif sebagai guru SDN 4 Baito dan masih harus memenuhi kewajibannya dalam membimbing siswanya.

Atas dasar pertimbangan tersebut, maka cukup alasan untuk mengabulkan permohonan penangguhan penahanan Supriyani dengan memperhatikan pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang hukum acara pidana.

Sebelumnya, Supriyani ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas III Kendari pertanggal 17 Oktober 2024 hingga 15 November 2024 usai ditetapkan sebagai tersangka dugaan penganiayaan terhadap muridnya.

Sekadar diketahui, Kepala Kepolisian Resor Konawe Selatan Ajun Komisaris Besar Febry Sam membeberkan kasus penganiayaan yang menjerat guru honorer Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Baito, Supriyani. Kasus Supriyani sendiri menjadi perhatian publik dan viral di media sosial (medsos).

Febry menjelaskan kasus yang menjerat Supriyani sudah melakukan proses dari penyelidikan hingga penyidikan. Pada akhirnya, Supriyani pun ditetapkan tersangka kasus penganiayaan terhadap muridnya inisial D (6) yang merupakan anak dari Kepala Unit Intelejen dan Keamanan (Intelkam) Kepolisian Sektor Baito, Aipda Wibowo Hasyim.

"Pada dasarnya, kami dari Polres Konsel mengungkap kasus ini secara transparan,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Selasa (22/10).

Febry mengaku kasus Supriyani telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe Selatan. Febry mengaku sejumlah upaya sudah dilakukan, termasuk mediasi yang berlangsung sebanyak lima kali.

"Upaya mediasi telah dilakukan sebanyak lima kali. Tapi tidak ada titik terang," tuturnya.

Febry menjelaskan kronologi kejadian berawal pada Rabu (24/4) lalu. Saat itu, korban mendapatkan hukuman.

"Berdasarkan keterangan orang tua korban ada kesalahan yang dibuat oleh anaknya sehingga dihukum," kata Febry.

Dua hari berselang, ayah korban Aipda Wibowo Hasyim melihat luka di bagian paha saat memandikan korban. Merasa curiga, Wibowo mempertanyakan luka tersebut kepada istrinya.

"Sebelumnya, ibunya sudah menanyakan luka itu kepada korban dan korban mengaku jika luka itu akibat terjatuh di sawah," sebutnya.

Tak percaya dengan keterangan itu, Wibowo membujuk anaknya untuk berterus terang penyebab luka di pahanya. Terus didesak, korban akhirnya mengungkapkan luka tersebut karena dipukul oleh gurunya.

"Korban akhirnya jujur dan menyebut nama mamanya Alfa (ibu Supriyani) yang memukulnya. Kejadiannya di sekolah pada Rabu (24/4),” tuturnya.

Usai pengakuan tersebut, Wibowo bersama istrinya mendatangi sekolah anaknya. Di situ, Wibowo bermaksud untuk menemui Supryani untuk mediasi.

"Hanya saja, waktu itu Supriyani tidak mengakui telah memukul korban. Saat itu juga Supriyani meminta ornag tua korban untuk membuktikan penganiayaan itu," bebernya.

Karena tidak menemui titik temu, akhirnya orang tua korban memilih melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Baito. Saat itu, Wibowo melaporkan Supriyani dengan kasus penganiayaan.

“Saat proses penyelidikan, penyidik menyarankan untuk dilakukan mediasi antara pihak," kata dia.

Usai pelaporan di Polsek Baito, Febry mengungkapkan Supriyani sempat datang ke rumah Aipda Wibowo Hasyim untuk meminta maaf. Hanya saja, saat itu Aipda Wibowo belum menerima permintaan maaf karena faktor istrinya.

“Ibu Supriyani ini sudah datang minta maaf berkali-kali. Sama kepsek, guru-guru, kades, dan suaminya. Namun dia membuat cerita berbeda di luar. Makanya kasus ini berlanjut dan mediasi yang dilakukan gagal terus,” tuturnya.

Tak ada titik temu, akhirnya penyidik menaikan kasus tersebut menjadi penyidikan. Keputusan tersebut setelah dilakukan gelar perkara pada 3 Juli 2024.

"Tanggal 15 Juli 2024, Supriyani diperiksa setelah ditetapkan tersangka. Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka Ibu Supriyani tidak ditahan," tuturnya.

Kasus hukum yang menjerat Supriyani pun akhirnya berlanjut hingga pada Rabu (16/10), berkasnya diserahkan ke Kejari Konsel.

"Ibu Supriyani menjadi tahanan Kejari Konsel pada 16 Oktober 2024. Ibu Supriyani ditahan di Lapas Perempuan Kendari," tuturnya.

Sementara terkait, permintaan Rp50 juta oleh pihak Wibowo, Febry menyebut keluarga korban membantahnya. Meski demikian, Febry menyebut, pihak Supriyani sempat mendatangi keluarga korban dengan membawa amplop diduga berisi uang untuk damai.

"Pak Wibowo membantah soal dia meminta uang Rp50 juta. Pak Wibowo bilang suami guru itu yang membawa amplop, tapi ditolak," ucapnya.

Artikel ini ditulis oleh

Editor LIa Harahap

Guru di Cengkareng Terancam Dipenjara Usai Dituduh Cabuli Murid

Guru itu diduga sempat mengalami penganiayaan dilakukan polisi.

Murid di Sukabumi Diduga Dianiaya Guru, Polisi Periksa Pihak Sekolah

Dikatakan bahwa pihak sekolah yang diperiksa tersebut mulai kepala sekolah, guru, hingga sejumlah murid yang merupakan rekan korban.

Kronologi Guru Les Dituduh Cabuli Muridnya di Cengkareng

Pelaku membantah telah melakukan dugaan pencabulan kepada muridnya sendiri.

Laporkan Pungli SD Negeri di Kebumen, Orangtua Siswa Didatangi Kades & Pemuda Pancasila lalu Diusir dari Kampung

Viral video sejumlah orang berpakaian ormas Pemuda pancasila (PP) mendatangi rumah seorang warga di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Viral Video Siswa SD Ngamuk Lalu Guru yang Minta Maaf, Ini Penjelasan Bupati Limapuluh Kota

Seorang siswa SD viral di media sosial karena berkata kotor dan mencoba memukul gurunya. Namun, belakangan justru sang guru yang meminta maaf.

Motif Perundungan Siswa SMP 2 Cimanggu Cilacap Gara-Gara Geng Sekolah

Selain mengaku anggota Basis, korban disebut sempat menantang kelompok lain di luar sekolah.

Jadi Tersangka, Ini Modus Guru di Gorontalo Setubuhi Siswi

Kepolisian Resor Gorontalo menetapkan tersangka kepada guru yang berhubungan badan dengan siswinya.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya