Prabowo akan Terbitkan Perpres Soal Penambahan Deputi Kementerian BUMN - IDX Channel

 

Prabowo akan Terbitkan Perpres Soal Penambahan Deputi Kementerian BUMN

Diperkirakan akan ada dua sampai tiga Deputi baru.

Prabowo akan Terbitkan Perpres Soal Penambahan Deputi Kementerian BUMN (FOTO:MNC Media)

Prabowo akan Terbitkan Perpres Soal Penambahan Deputi Kementerian BUMN (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Presiden Prabowo Subianto bakal menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) soal penambahan jumlah Deputi di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Diperkirakan akan ada dua sampai tiga Deputi baru. Kabar tersebut disampaikan langsung Menteri BUMN Erick Thohir, setelah dirinya dilantik Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Meski akan ada penambahan, dia memastikan tupoksi Deputi di Kementerian BUMN saling mendukung satu sama lainnya.

“Mungkin kita coba masing-masing ada tupoksi yang saling bisa mendukung, apalagi dari Perpres yang kita dapat, Deputi-nya pun menambah,” ujar Erick saat ditemui di tempat kerjanya, usai dilantik.

Tak hanya itu, Kepala Negara juga menunjuk tiga sosok sebagai Wakil Menteri BUMN. Mereka di antaranya Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko, Donny Oskaria, dan Aminuddin Ma'ruf.

Soal ketiga Wamen BUMN Erick belum ingin berkomentar, lantaran masih menunggu prosesi pelantikan yang dijadwalkan dilaksanakan Senin sore nanti di Istana Merdeka. 

“Nanti, kalau sudah dilantik, kalau belum di atas kertas putih saya belum mau komen,” tuturnya.

Erick sebelumnya menjabat selaku Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju di pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin.

Dengan keberlanjutan tongkat estafet ini, maka dia bakal menahkodai Kementerian BUMN untuk lima tahun ke depan.

Berbeda dengan saat ini, di periode pemerintahan Jokowi hanya ada dua Wakil Menteri BUMN yang mendampingi Erick Thohir, kala itu dijabat oleh Kartika Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin. Sekalipun salah satu posisi mengalami dua kali pergantian sosok.

Misalnya, Budi Gunadi Sadikin yang semula menjabat Wamen BUMN I digantikan oleh Pahala Nugraha Mansury, lantaran ditunjuk Jokowi mengisi bangku Menteri Kesehatan (Menkes) per Desember 2020.

Kemudian, per Juli 2023 Rosan Roeslani harus menggeser posisi Pahala karena adanya reshuffle kabinet. Saat itu, Pahala diangkat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.

Kendati demikian, tugas Rosan sebagai Wamen BUMN tak memakan waktu lama lantaran dia mengundurkan diri dan memilih bergabung bersama Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ketika Pemilu 2024.

Adapun, penetapan tiga Wakil Menteri BUMN erat kaitannya dengan tugas pokok Menteri BUMN sepanjang lima tahun. Untuk periode 2024-2029 belum diketahui tugas utama ketiga Wamen tersebut.

Akan tetapi, berkaca pada periode pemerintahan sebelumnya penunjukan dua Wakil Menteri didorong oleh pembentukan 12 klaster BUMN, di mana masing-masing Wamen menaungi enam klaster.

(kunthi fahmar sandy)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya