Rostec Sesumbar Su-35 dan Su-57 Produksinya Bakal Lampaui Jet Tempur Amerika Serikat - Zona Jakarta

 

Rostec Sesumbar Su-35 dan Su-57 Produksinya Bakal Lampaui Jet Tempur Amerika Serikat - Zona Jakarta

ZONAJAKARTA.com - Jatuhnya unit pertama F-16 milik Ukraina pada akhir Agustus 2024 lalu membuat Rostec, induk perusahaan Sukhoi yang memproduksi Su-35 dan Su-57 semakin percaya diri.

Rostec sesumbar bahwa Su-35 dan Su-57 yang diproduksinya bakal menyaingi jet tempur buatan Amerika Serikat di masa mendatang.

Adanya regulasi CAATSA yang menghalangi rencana pembelian dari negara dunia ketiga seolah tak membuat Rostec bergeming.

Baca Juga: Malaysia Inspeksi Fasilitas Produksi FA 50 di KAI dan Hanwha, Sinyal Positif Bakal Beli KF-21 Boramae?

Dilansir ZONAJAKARTA.com dari laman Eurasian Times melalui artikel berjudul "Rostec Compares Russian Su-35 & Su-57 With Ukraine’s F-16s; Says RuAF Will Outperform American Fighters" yang terbit pada Jumat, 13 September 2024, baru-baru ini satu set Su-35 dan Su-57 baru kembali dikirimkan untuk memperkuat Angkatan Udara Rusia (VKS).

Pengiriman yang dilakukan tepat Kamis, 12 September 2024 kemarin tidak diungkapkan berapa unit yang diterima oleh pengguna.

Sebelum diserahkan kepada VKS, pesawat terkait telah melalui serangkaian uji pabrik secara komprehensif.

Hasil pengujian tersebut kemudian dievaluasi dalam berbagai skenario operasional oleh pilot dari Kementerian Pertahanan Federasi Rusia.

Barulah setelah itu, pesawat kemudian diterbangkan ke lapangan udara yang telah ditentukan.

Dan ini juga turut menandai pengiriman pertama Su-57 kepada VKS sepanjang tahun 2024.

Baca Juga: Amerika Serikat Butuh Duit 10 Miliar Dolar AS Demi Upgrade dan Perpanjang Operasional F-22 Raptor Hingga 2040

Meski VKS maupun Pemerintah Rusia merahasiakan jumlah unit Su-57 yang dikirimkan, sebuah rekaman dari video amatir menunjukkan bahwa setidaknya sudah ada tiga unit pesawat yang mendarat.

Sementara untuk dokumentasi mengenai pengiriman gelombang ketiga unit baru Su-35 sepanjang tahun ini masih belum ditemukan.

Sebelumnya, Moskow juga sudah menerima varian Su-35S secara bertahap di bulan April dan Mei 2024.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Halaman:

Baca Juga

Komentar