Rostec Sesumbar Su-35 Rakitannya Bisa Taklukkan F-16 Milik Ukraina Hanya Karena Barang Rongsokan - Zona Jakarta

 

Rostec Sesumbar Su-35 Rakitannya Bisa Taklukkan F-16 Milik Ukraina Hanya Karena Barang Rongsokan - Zona Jakarta

ZONAJAKARTA.com - Ukraina baru saja menerima hibah jet tempur F-16 yang dikirimkan oleh sejumlah negara Eropa sejak bulan Juli 2024 lalu.

Akan tetapi ada tantangan yang harus dihadapi dari Rusia karena mereka mengandalkan Su-35 untuk berduel di udara.

Rostec selaku pabrikan bahkan sesumbar bahwa Su-35 yang mereka rakit bisa menaklukkan F-16 milik Ukraina yang berstatus barang rongsokan meski bukan alasan bagi Rusia untuk berpuas diri.

"Dalam konfrontasi langsung, Su-35 kami lebih unggul daripada F-16. F-16 bukanlah pesawat baru, tetapi itu bukan alasan untuk berpuas diri," kata Rostec sebagaimana dikutip ZONAJAKARTA.com dari laman Defence Security Asia melalui artikel berjudul "Ukrainian F-16 Fighters No Match for Russia’s Su-35, Will Be ‘Destroyed’" yang terbit pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Baca Juga: Indonesia Belum Butuh Kapal Induk, Begini Penjelasan Purnawirawan TNI

Rostec juga mengungkapkan bahwa secara umum, spesifikasi Su-35 jauh lebih unggul dibandingkan F-16.

Sehingga pihaknya menyimpulkan bahwa pesawat buatan Lockheed Martin itu bukanlah lawan sepadan, apalagi jika jet tempur yang dilawan merupakan barang rongsokan.

"Jika Anda melihat spesifikasi jet tempur buatan Amerika, mereka bukanlah pesaing Su-35," ujar pihaknya.

Selain itu, pihaknya juga memandang skeptis kemampuan F-16 dalam melakukan serangan meski ditopang oleh sejumlah rudal canggih.

"F-16 dapat membawa rudal canggih dan dapat menimbulkan masalah yang signifikan. Namun, seperti sistem pertahanan Barat lainnya, ia akan menghadapi nasib yang sama – kehancuran," ucap Rostec.

Baca Juga: Bukan cuma Jago Perang, Prajurit TNI ternyata juga Jago Bikin Anak Papua Senang jelang Agustusan

Penerimaan sejumlah unit F-16 di Ukraina untuk batch pertama baru saja diumumkan Presiden Volodymyr Zelenskyy pada Minggu, 4 Agustus 2024 lalu.

Hanya saja Zelenskyy tidak mau membeberkan lebih lanjut jumlah unit yang sudah mendarat di Kyiv.

Sementara laporan dari sejumlah media menyebut bahwa negara tersebut menargetkan penerimaan hibah pesawat pendahulu F-22 Raptor dan F-35 itu sebanyak 20 unit pada akhir tahun 2024 ini.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Halaman:

Baca Juga

Komentar