Rentetan 10 Kali Gempa Bumi Guncang Jayapura Malam Ini, Warga Mengaku Waswas - Inews

 

Rentetan 10 Kali Gempa Bumi Guncang Jayapura Malam Ini, Warga Mengaku Waswas

Edy Siswanto, Donald Karouw
Rentetan 10 Kali Gempa Bumi Guncang Jayapura Malam Ini, Warga Mengaku Waswas
Peta gempa bumi yang mengguncang Kota Jayapura dan dirasakan kuat masyarakat setempat pada Rabu (8/2/2023) malam. (Foto : BMKG Jayapura)

JAYAPURA, iNews.id - Rentetan gempa bumi mengguncang Kota JayapuraPapua, Rabu (8/2/2023) malam. Data BMKG, tercatat ada 10 kali guncangan gempa sejak pukul 20.35 WIT hingga pukul 22.36 WIT yang seluruhnya dirasakan masyarakat Jayapura dan sekitarnya antara skala II-III MMI.

BMKG Wilayah V Jayapura mencatat, episenter gempa bumi pertama berkekuatan M4,7 terletak pada koordinat 2.50° LS dan 140.73° BT atau berjarak 4 km Timur Laut Kota Jayapura Papua dengan kedalaman 10 Km. 

Kemudian untuk gempa Jayapura kedua berkekuatan M3,4. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.51° LS dan 140.68° BT, pada jarak 5 km dengan lokasi dan kedalaman yang sama.

Selanjutnya gempa bumi ketiga berkekuatan M3,3. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.47° LS dan 140.66° BT, pada jarak 10 km, dengan lokasi dan kedalaman 8 Km.

Lalu gempa bumi keempat berkekuatan M2,9 terletak pada koordinat 2.48° LS dan 140.68° BT, pada jarak 7 km Barat Laut Jayapura dengan kedalaman 8 km. 

Kemudian gempa bumi kelima berkekuatan M4,4 dengan episenter terletak pada koordinat 2.46° LS dan 140.67° BT pada jarak 10 km Barat Laut Kota Jayapura, kedalaman 10 km. 

Selanjutnya gempa bumi keenam berkekuatan M3,4 dengan episenter pada koordinat 2.41° LS dan 140.68° BT pada jarak 15 km Barat Laut Jayapura, kedalaman 9 km. 

Lalu gempa bumi ketujuh berkekuatan M3,1 dengan episenter terletak pada koordinat 2.51° LS dan 140.68° BT, pada jarak 5 km Barat Laut Jayapura, kedalaman 6 Km. Kemudian ada lagi gempa kedelapan hingga ke-10 yang berkekuatan M3,3 pada pukul 22.36 WIT.

Seluruhnya ini berlokasi di darat dengan jenis dan mekanisme gempa bumi dangkal. Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura. 

"BMKG juga mencatat sejak 2 Januari lalu hingga Rabu (8/2/2023) hari ini, Kota Jayapura telah digundang 995 kali, denga 98 kejadian di antaranya dirasakan masyarakat," kata Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Yustus Rumakiek.

Dia meminta masyarakat tetap tenang dan waspada serta tidak terpengaruh isu yang menyesatkan. Warga juga diimbau menjauhi bangunan rusak atau retak yang membahayakan akibat gempa.

Sementara itu, akibat gempa yang berulang ini masyarakat Jayapura menjadi panik dan waswas. Salah satunya Yudha warga Vuria Puskopad yang mengaku panik dan sempat berlari keluar rumah saat gempa awal selepas Isya tersebut.

"Yang gempa habis isya itu kuat sekali. Saya dan orang-orang kompleks berlarian keluar rumah. Kami antisipasi saja karena sudah berulang-ulang. Semoga semuanya aman-aman," katanya.

Sementara, Maryadi warga Kotaraja Abepura juga mengaku sempat panik. Dia yang hendak tidur langsung beranjak dari kamar lantaran guncangan gempa tersebut.

"Sudah mau tidur, tapi gempa ini kuat, jadi saya keluar saja, cari aman," ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

[Category Opsiin, Media Informasi]
[Tags Gempa Bumi, Featured, Pilihan, Jayapura]

Baca Juga

Komentar