Restoran Ambruk ke Laut Diguncang Gempa Jayapura, Evakuasi Korban Dramatis - inews

 

Restoran Ambruk ke Laut Diguncang Gempa Jayapura, Evakuasi Korban Dramatis

Antara, Donald Karouw
Restoran Ambruk ke Laut Diguncang Gempa Jayapura, Evakuasi Korban Dramatis
Restoran yang ambruk ke laut di kawasan Ruko, Dox II, Kota Jayapura, Papua saat gempa bumi, Kamis (9/2/2023). (Foto : Facebook)

JAYAPURA, iNews.id - Restoran ambruk ke laut di kawasan Ruko, Dox II, Kota JayapuraPapua akibat gempa bumi, Kamis (9/2/2023). Bangunan yang berdiri di pinggir pantai ini roboh ke laut dan menyebabkan beberapa karyawan terluka, seorang di antaranya meninggal dunia.

Dalam video yang beredar tampak petugas gabungan dibantu masyarakat mengevakuasi para korban tenggelam di pinggir laut, di antara bangunan yang ambruk. Proses evakuasi berlangsung dramatis, beberapa di antara korban tampak diberikan pertolongan pertama dengan teknik resusitasi jantung paru (CPR).

Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid yang dikonfirmasi membenarkan adanya korban meninggal akibat gempa. Korban merupakan karyawan Restoran Cerita.

"Korban merupakan seorang perempuan karyawan Restoran Cerita yang ambruk ke laut saat terjadi gempa sehingga tidak bisa menyelamatkan diri," ujarnya, Kamis (9/2/2023).

Saat ini anggota sudah dikerahkan ke lapangan untuk masih mendata kerusakan dan korban akibat gempa bumi. Data sementara, selain 1 korban jiwa ada 5 orang terluka.

"Data yang kami dapat di lapangan, Kantor Wali Kota Jayapura mengalami keretakan dan Mal Jayapura juga," ucapnya.

Dia menjelaskan, BPBD mengimbau kepada semua masyarakat agar tetap menghindari bangunan berlantai guna mengantisipasi gempa susulan.

"Semua warga tetap waspada dan sementara waktu hindari bangunan berlantai dan mencari titik kumpul seperti lapangan untuk evakuasi," katanya lagi.

Diketahui, gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 5,4 magnitudo mengguncang Jayapura pada titik koordinat 2.50 LS : 140,70 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 10 kilometer pada Kamis siang. Sejak kemarin, rentetan puluhan gempa sudah mengguncang Jayapura.


[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags Jayapura, Gempa Bumi, Featured, Pilihan]

Baca Juga

Komentar