Pilihan

Rentetan Gempa Guncang Jayapura, Masjid dan Sekolah Rusak - inews

 

Rentetan Gempa Guncang Jayapura, Masjid dan Sekolah Rusak

Antara
Rentetan Gempa Guncang Jayapura, Masjid dan Sekolah Rusak
Rentetan gempa yang mengguncang Kota Jayapura mengakibatkan masjid dan sekolah rusak. Kerusakan terjadi pada plafon dan dinding. (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Masjid Nurul Amin Dok V dan Sekolah Yapis Dok V dilaporkan rusak imbas rentetan gempa yang mengguncang Kota Jayapura pada Rabu (8/2/2023) malam hingga Kamis (9/2/2023) dini hari. Kerusakan terjadi pada plafon hingga dinding.

"Saat ini personel dari BPBD Kota Jayapura sedang turun ke lapangan untuk mendata kerusakan yang dialami warga," kata Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid.

Berdasarkan catatan, Jayapura diguncang sedikitnya 19 gempa dengan magnitudo bervariasi. Gempa tertinggi dengan magnitudo 4,7 mengguncang pada Rabu pukul 20.35 WIT.

Sementara gempa magnitudo 4,5 menyusul sekitar pukul 02.48 WIT. Untuk memudahkan pelaporan warga, BPBD Kota Jayapura membuka call center dengan nomor 08114860117.

"Kami berharap masyarakat tidak panik karena gempa susulan masih terus terjadi sejak awal bulan Januari lalu," ujar Asep.

Sementara itu Koordinator Bidang Observasi BMKG Wilayah V Jayapura Danang Pamuji mengatakan, sejak 2 Januari hingga Kamis (9/2) pukul 10:24 WIT tercatat terjadi 1.055 gempa bumi di Kota Jayapura. Sebanyak 120 gempa di antaranya dirasakan masyarakat.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga juga diminta menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," ucap Danang Pamuji.


[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags Jayapura, Papua, Featured, Pilihan, Gempa Bumi]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek