TNI AU Ungkap Sulitnya Medan Evakuasi Kapolda Jambi di Hutan Kerinci - detik

 

TNI AU Ungkap Sulitnya Medan Evakuasi Kapolda Jambi di Hutan Kerinci

By Brigitta Belia
detikcom
February 21, 2023
Kepala Dinas Penerangan
Kepala Dinas Penerangan
Jakarta -

Empat dari delapan orang dalam rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang mengalami kecelakaan helikopter di hutan Kerinci telah dievakuasi. TNI AU menjelaskan proses evakuasi harus dilakukan hati-hati karena medan yang sulit.

"Saya kira kalau dari lapangan, area tebing juga saya kira itu faktor kesulitan juga. Saya kira, saya lihat ada pepohonan yang harus perlu kehati-hatian dari kru helikopter dan juga petugas penolong yang melaksanakan tugasnya," kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah di kawasan TMII, Jakarta Timur, Selasa (21/2/2023).

Indan mengatakan ada empat helikopter yang disiapkan untuk evakuasi. Helikopter yang dikerahkan mempunyai kemampuan melakukan evakuasi tanpa mendarat.

"Ada empat heli yang disiapkan, khususnya yang mempunyai kemampuan foisting. Jadi heli tersebut tidak perlu mendarat di lokasi tapi juga hovering kurang lebih 30 meter dari sasaran, dan menurunkan dereknya, yang akan mengevakuasi dan akan membawa ke tempat di mana dilaksanakan pertolongan lanjutan," tuturnya.

Dia mengatakan empat helikopter itu akan bergantian ke lokasi kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi dan rombongan. Dia mengatakan korban akan dievakuasi bergantian.

"Skenarionya empat heli itu akan masuk secara bergantian. Itu kan ada korban lima, ya. itu akan diambil secara bergantian oleh empat heli," ujarnya.

Petugas gabungan sebelumnya telah mengevakuasi empat orang penumpang helikopter yang mendarat darurat di hutan Kerinci, Jambi. Berdasarkan informasi yang diterima detikcom, Selasa (21/2/2023), dua orang terbaru yang dievakuasi ialah Direskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira dan Dirpolairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan.

Selain itu, dua orang yang sudah dievakuasi lebih dulu ialah Kopilot AKP Amos Freddy P Sitompul dan ADC Kapolda Jambi bernama Briptu Muhardi Aditya.

Simak Video: Momen Rombongan Kapolda Jambi Dievakuasi dari Hutan Kerinci!


[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar