Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Detik-detik Mencekam Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, seperti Hujan Api - inews

 

Detik-detik Mencekam Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, seperti Hujan Api

Iqbal Dwi Purnama 
Detik-detik Mencekam Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, seperti Hujan Api
Sisa-sisa kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara (foto: MPI/Iqbal Dwi Purnama)

JAKARTA, iNews.id - Andi (29) sedang bekerja di sebuah tempat las besi tidak jauh dari Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023) malam itu. Tiba-tiba dia mendengar suara dentuman keras.

Tak berselang lama, warga menyampaikan Depo Pertamina yang terletak di belakang rumah Andi mengalami kebocoran. Andi pun bergegas menuju rumah yang berjarak 800 meter dari tempat kerjanya.

Baca Juga

Selama perjalanan, Andi melihat kobaran api menjulang tinggi, melahap rumah-rumah yang berada di sekitar. Andi menggambarkan malam itu seperti hujan api.

Rumah Andi pun tak luput dari serangan si jago merah. Kini, dia hanya bisa melihat fondasi yang tersisa dari rumahnya yang hangus terbakar.

Baca Juga

"Baunya seperti gas dan bensin. Berselang beberapa lama ada percikan api, dan meledak menyambar ke rumah warga, jadi minyak sudah pada buyar ke mana-mana, itu sudah kayak hujan api, makanya cepat menyambar ke rumah warga," kata Andi ketika ditemui sekitar lokasi kebakaran, Minggu (5/3/2023).

Sisa-sisa kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara (foto: MPI/Iqbal Dwi Purnama)
Sisa-sisa kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara (foto: MPI/Iqbal Dwi Purnama)

Sahlan (69), tinggal persis di belakang tembok Depo Pertamina. Dia awalnya mendengar suara mirip seperti tabung elpiji yang mengeluarkan gas. Suara itu tadinya dihiraukan Sahlan. Tak lama kemudian, aroma gas atau bensin menyeruak. Sahlan pun melihat kepulan asap putih.

Begitu ada kabar api terlihat, Sahlan dan keluarga lalu berlari meninggalkan hunian, tidak lagi memikirkan harta benda karena yang paling penting baginya adalah nyawa keluarga. 

"Ada suara, saya tenang sedang duduk, ada yang teriak, ada yang kebakaran, kalau tidak ada yang teriak nggak tahu saya jadi apa," ujarnya.

Hamzah (40), juga menjadi salah satu warga yang selamat dari insiden ini. Saat kejadian, Hamzah dan keluarganya langsung bergegas meninggalkan rumah. Dia menyuruh keluarganya pergi ke tempat yang lebih aman dan mencoba membantu warga lain yang panik.

Menurut Hamzah, pada malam itu bau cukup menyengat. Meski menggunakan masker berlapis tisu, aroma tajam tetap menembus rongga hidungnya.

"(Rumah) saya dekat dengan kejadian, waktu kejadian itu baunya gas, itu sudah pada bubar semua. Saya keluar rumah, orang-orang, banyak orang yang pingsan, muntah-muntah," kata Hamzah.

Peristiwa mencekam ini telah menewaskan sedikitnya 19 orang. Puluhan orang dirawat di sejumlah rumah sakit dan ratusan lain terpaksa tinggal sementara di posko-posko pengungsian.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek