Pilihan

Harga Sayuran di Sidoarjo Merangkak Naik usai Lebaran, Daun Bawang Rp50.000

 

Harga Sayuran di Sidoarjo Merangkak Naik usai Lebaran, Daun Bawang Rp50.000 

Pramono Putra 
Harga Sayuran di Sidoarjo Merangkak Naik usai Lebaran, Daun Bawang Rp50.000 
Komoditas sayuran merangkak naik usai Lebaran. (Pramono Putra).

SIDOARJO, iNews.id - Harga sayur mayur di sejumlah pasar tradisional Sidarjo merangkak naik pada H+2 Lebaran. Kenaikan ini terjadi karena pasokan sayur terbatas selama libur Lebaran. 

Beberapa sayuran yang naik antara lain tomat, cabai merah dan serta bawang putih. Di Pasar Larangan Sidoarjo misalnya, harga tomat naik menjadi Rp20.000 per kilogram dari harga normal Rp15.000 per kilogram. 

Baca Juga

Sedangkan cabai merah Rp50.000 per kilogram dari sebelumnya Rp40.000 per kilogram. Bahkan kenaikan ekstrem terjadi pada daun bawang, dari sebelumnya Rp20.000 menjadi Rp50.000 per kilogram. Sementara untuk aneka sayur lainnya rata-rata naik antara Rp5.000 hingga Rp10.000.

Menurut para pedagang, lonjakan harga komoditas sayur ini dipengaruhi oleh minimnya pasokan dari petani atau distributor sejak libur Lebaran. Sejumlah petani di daerah banyak libur, sehingga pasokan ke pedagang di pasar tradisional terhenti. 

Baca Juga

"Kenaikannya ekstrem. Karena petaninya libur. Enggak ada yang ke sawah. Jadi stok barangnya tidak ada," kata salah seorang pedagang, Salim. 

Sementara itu, pedagang tomat, Wati, mengatakan, kenaikan terjadi sejak sehari sebelum Lebaran. "Tomat jadi Rp20.000. Padahal sebelumnya Rp15.000," katanya. 

Baca Juga

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek