Jawaban Menohok Sri Mulyani soal Utang Rp 800 M yang ditagih Jusuf Hamka - detik

 

Jawaban Menohok Sri Mulyani soal Utang Rp 800 M yang ditagih Jusuf Hamka

By Anisa Indraini
finance.detik.com
June 12, 2023
Foto: YouTube: Helmy Yahya Bicara
Foto: YouTube: Helmy Yahya Bicara
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan jawaban soal utang negara yang ditagihkan pengusaha jalan tol Jusuf Hamka Rp 800 miliar. Bendahara Negara itu mengaku masih meneliti persoalan tersebut.

Sri Mulyani mengatakan alasan pemerintah belum mau mencairkan utang ke Jusuf Hamka melalui PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk, karena pihaknya berpandangan perusahaan tersebut terafiliasi dengan Bank Yama.

"Jadi berbagai hubungan di antara mereka inilah yang menjadi fokus dari kita mengenai kewajiban negara," kata Sri Mulyani kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (12/6/2023).

Sebagai informasi, utang negara ke Jusuf Hamka berkaitan dengan deposito CMNP di Bank Yama. Pada 1997-1998, keadaan perbankan termasuk Bank Yama mengalami kesulitan likuditas hingga kebangkrutan, makanya saat itu hadirlah Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) agar bank bisa membayar kewajiban kepada deposan-deposan.

CMNP sampai saat ini belum mendapatkan gantinya karena dianggap terafiliasi dengan Bank Yama milik Siti Hardiyanti Rukmana (Tutut Soeharto).

"Jangan sampai negara yang sudah membiayai bailout dari bank-bank yang ditutup, dan sekarang masih dituntut lagi untuk membayar berbagai pihak yang mungkin masih terafiliasi waktu itu," imbuhnya.

Di sisi lain, Sri Mulyani juga mengungkit dana BLBI yang diberikan pemerintah kepada obligor/debitur pada 1998 belum sepenuhnya kembali. Mengingat kasusnya sudah lama, ia berharap agar terkait masalah utang Jusuf Hamka bisa dibahas lebih detail dalam Satgas BLBI.

"Jadi ini yang memang secara keuangan negara buat kita adalah sesuatu yang perlu untuk kita pelajari betul secara teliti. Kita menghormati tetap di satu sisi berbagai proses hukum, tapi kita juga melihat kepentingan negara dan kepentingan dari keuangan negara, terutama karena ini menyangkut hal yang sudah sangat lama," ujar dia.

Jusuf Hamka Bantah Terafiliasi Bank Yama

Jusuf Hamka membantah jika terafiliasi dengan Bank Yama milik Tutut Soeharto. "CMNP ini kan public company, bukan Tutut punya. Kalau Citra yang lain punya Mba Tutut itu urusan lain, ini kan beda entitas," kata Jusuf Hamka saat dihubungi.

Jusuf Hamka memastikan CMNP tidak memiliki utang ke negara, termasuk terkait BLBI. Jika benar ada, ia mengaku akan menggantinya 100x lipat lebih banyak.

"Citra Marga nggak pernah punya utang BLBI, clear. Kalau Citra Marga ada utang BLBI, saya ganti 100x," ucapnya.

Simak Video 'Jusuf Hamka Mau Kasih Rp 100 M ke Pejabat Kemenkeu Jika Terbukti Berutang':

Baca Juga

Komentar