Pilihan

Gawat! Pasukan Wagner Rusia Disebut Bergerak Makin Dekat ke Polandia - inews

 

Gawat! Pasukan Wagner Rusia Disebut Bergerak Makin Dekat ke Polandia

inews.id
July 29, 2023
Pasukan Wagner bersiap meninggalkan Kota Rostov, Rusia, setelah melakukan pemberontakan yang singkat pada Juni lalu.
Pasukan Wagner bersiap meninggalkan Kota Rostov, Rusia, setelah melakukan pemberontakan yang singkat pada Juni lalu.

WARSAWA, iNews.id – Sekelompok tentara dari Grup Wagner Rusia dilaporkan telah bergerak semakin dekat ke Kota Grodno di Belarusia, dekat perbatasan Polandia. Hal itu diungkapkan Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, akhir pekan ini.

Polandia adalah mantan anggota Blok Timur pimpinan Uni Soviet. Sejak 1999, negara itu menjadi anggota penuh aliansi militer NATO yang dikomandoi Amerika Serikat. Kini, Polandia mengkhawatirkan kemungkinan limpahan perang ke wilayahnya sejak Rusia melancarkan agresi ke Ukraina pada Februari 2022.

Awal bulan ini, Polandia mulai memindahkan lebih dari 1.000 tentara ke timur negara itu di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa kehadiran tentara Wagner di Belarusia dapat meningkatkan ketegangan di perbatasannya.

“Situasinya semakin berbahaya... Kemungkinan besar mereka (para personel Wagner) akan menyamar sebagai tentara penjaga perbatasan Belarusia dan membantu imigran ilegal masuk ke wilayah Polandia (dan) mengacaukan Polandia,” kata Morawiecki pada konferensi pers di Gliwice, Polandia Barat, Sabtu (29/7/2023).

“Mereka kemungkinan besar akan mencoba memasuki Polandia dengan berpura-pura menjadi imigran ilegal dan ini menimbulkan ancaman tambahan,” kata Morawiecki lagi.

Akan tetapi, PM Polandia itu tidak menjelaskan sumber informasi tentang pergerakan pasukan Wagner itu. Sementara Anton Motolko, tokoh oposisi Belarusia yang kerap memantau aktivitas militer di negara itu, mengatakan kepada Reuters bahwa kelompoknya belum melihat bukti kelompok Wagner bergerak lebih dekat ke Grodno.

Kota itu memiliki posisi strategis dan signifikan. Ini mengingat letaknya di dekat Celah Suwalki, yaitu sebidang tanah strategis di sepanjang perbatasan Polandia-Lithuania, yang memisahkan Belarusia dari eksklave Rusia di Kaliningrad.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Beberapa waktu lalu, beredar video yang menampilkan pemimpin Grup Wagner Yevgeny Prigozhin menyambut para tentaranya ke Belarusia. Dalam rekaman itu, Prigozhin memberi tahu para anak buahnya bahwa mereka tidak akan terlibat lebih lanjut dalam perang di Ukraina untuk saat ini. Namun, dia memerintahkan mereka untuk mengumpulkan kekuatan untuk beroperasi di Afrika.

Keesokan harinya, beberapa tentara Wagner ternyata tiba di tempat pelatihan brigade penyerang lintas udara ke-38 di luar kota Brest, yang berjarak hanya beberapa kilometer dari perbatasan Polandia.

Pindahnya pasukan Wagner ke Belarusia menjadi bagian dari kesepakatan untuk mengakhiri upaya pemberontakan kelompok tentara bayaran itu di Rusia pada Juni lalu. Kala itu, mereka sempat menduduki markas militer Rusia di Kota Rostov dan bergerak menuju Moskow. Namun, setelah ditengahi oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, pemberontakan itu akhirnya dibatalkan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek