Pernah Ditegur Jaksa untuk Pakai Kemeja Putih, Dandy Kembali Berkemeja Hitam - detik

 

Pernah Ditegur Jaksa untuk Pakai Kemeja Putih, Dandy Kembali Berkemeja Hitam

By Muli
detikcom
July 19, 2023
Mario Dandy Satriyo
Mario Dandy Satriyo
Jakarta -

Mario Dandy Satriyo (20), terdakwa kasus penganiayaan terhadap Cristalino David Ozora (17), kembali mengenakan kemeja hitam pada persidangan hari ini. Mario tak lagi mengenakan kemeja putih sebagaimana teguran jaksa.

Pantauan detikcom, Kamis (20/7/2023), Mario Dandy Satriyo dan Shane Lukas tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, sekitar pukul 09.50 WIB. Mario tampak mengenakan kemeja dan celana hitam lengkap dengan masker pink.

Sementara itu, Shane Lukas mengenakan kemeja putih, celana hitam, dan masker hitam.

Sebagai informasi, sidang lanjutan kasus penganiayaan David kembali digelar dengan agenda mendengarkan keterangan dari dr Yeremia Tatang, yakni dokter yang merawat David Ozora.

Pada persidangan sebelumnya, Mario Dandy mengenakan kemeja putih setelah ditegur jaksa.

Sebagai informasi, jaksa menegur Mario Dandy gara-gara memakai batik saat mengikuti persidangan di PN Jaksel pada Selasa (20/6). Saat itu, jaksa meminta Mario Dandy memakai kemeja putih dan celana hitam ketika mengikuti persidangan.

"Izin, untuk Terdakwa Mario," kata jaksa setelah majelis hakim menutup persidangan.

Jaksa meminta Mario Dandy mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Mario Dandy pun merespons ucapan jaksa dengan anggukan.

"Terdakwa Mario, untuk ke depan, dalam persidangan mohon pakaiannya hitam putih saja ya. Terima kasih," ujar jaksa.

Namun Mario Dandy tak langsung mematuhi permintaan jaksa soal kemeja putih. Mario Dandy tampak menggunakan kemeja biru dongker saat menghadiri persidangan yang digelar pada Selasa (27/6).

Sementara itu, terdakwa lain dalam kasus ini, Shane Lukas, mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Mario Dandy juga tak menggunakan kemeja putih dalam persidangan yang digelar pada Selasa (4/7). Mario Dandy saat itu terlihat menggunakan kemeja berwarna hitam.

Dia juga tidak menggunakan kemeja putih dalam sidang yang digelar pada Kamis (6/7). Mario Dandy tampak menggunakan kemeja hitam lagi.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Mario Dandy Pakai Kemeja Hitam Lagi Walau Sudah Pernah Ditegur Jaksa

Akhirnya Pakai Kemeja Putih

Teguran jaksa itu baru dipatuhi Mario Dandy saat menghadiri persidangan Selasa (11/7) atau setelah tiga persidangan berlalu. Mario Dandy mengenakan kemeja putih.

Pantauan detikcom di PN Jaksel, pukul 09.43 WIB, Mario Dandy dan Shane Lukas turun dari mobil tahanan. Keduanya digiring polisi dan jaksa menuju sel tahanan sementara.

Keduanya memakai kemeja putih dan celana hitam. Tangan Mario Dandy dan Shane sama-sama diborgol.

Persidangan kali ini digelar dengan agenda permintaan keterangan ahli pidana dari Universitas Binus, Ahmad Sofian. Dalam kesaksiannya, dia menjelaskan bahwa restitusi atau ganti kerugian bagi korban tak bisa dibebankan kepada orang tua atau wali pelaku yang telah dewasa.

"Dalam doktrin hukum pidana kita yang berbuat dia yang bertanggung jawab dia. Tidak bisa jatuh kepada pengampu, ahli atau semacamnya, kecuali anak-anak. Tetapi kalau orang dewasa, dia bertanggung jawab, asetnya ya aset yang bersangkutan, tidak bisa dibebankan kepada orang tua," ujar Ahmad Sofian.

Baca Juga

Komentar