Pilihan

Daftar Intelijen yang Suplai Info Manuver & Jeroan Parpol ke Jokowi - CNN Indonesia

 

Daftar Intelijen yang Suplai Info Manuver & Jeroan Parpol ke Jokowi

Minggu, 17 Sep 2023 12:45 WIB

Presiden Jokowi mengatakan informasi soal gerak-gerik partai politik dari sumber bayangan itu hanya dimiliki olehnya karena diberikan intelijen secara langsung.

Presiden Jokowi mengatakan informasi soal gerak-gerik partai politik dari sumber bayangan itu hanya dimiliki olehnya karena diberikan intelijen secara langsung.Biro Pers Sekretariat Presiden

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya memiliki informasi komplet dari berbagai sumber intelijen mengenai kondisi partai-partai politik (parpol), termasuk keinginan dari parpol tersebut.

"Dalamnya partai seperti apa saya tahu, partai-partai seperti apa saya tahu. Ingin mereka menuju kemana saya tahu. Informasi yang saya terima komplit," kata Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/9).

Berikut daftar lembaga intelijen yang suplai data soal gerak-gerik Parpol ke Jokowi

  1. Badan Intelijen Negara atau BIN
  2. Intelijen Polri
  3. Badan Intelijen Strategis atau BAIS TNI

"Dari intelijen saya ada, BIN (Badan Intelijen Negara). Dari intelijen di Polri, ada. Dari intelijen di TNI, saya punya, BAIS (Badan Intelijen Strategis), dan info-info di luar itu. Angka, data, survei, semuanya ada," demikian kata kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Informasi tersebut hanya dimiliki olehnya karena diberikan intelijen secara langsung.

"Dan itu hanya miliknya Presiden. Dia (informasi) itu langsung," ujar Jokowi.

Dalam acara relawan itu, Jokowi menjelaskan kepemimpinan ke depan sangat penting dan menentukan apakah Indonesia akan mampu melompat menjadi negara maju atau hanya berkutat sebagai negara berkembang.

Karena itu, pelaksanaan Pemilu untuk menentukan Presiden-Wakil Presiden selanjutnya yakni Pemilu 2024, Pemilu 2029, dan Pemilu 2034 akan sangat menentukan posisi bangsa Indonesia.

"Saya berikan contoh di Amerika Latin, banyak negara sudah jadi negara berkembang, tahun 60-an, tahun 70-an sudah jadi negara berkembang, tapi saat ini mereka juga masih negara berkembang. Tak bisa keluar dari jebakan. Kita tidak mau itu, dan kesempatan itu hanya ada di tiga periode kepemimpinan nasional kita," kata dia.

"Saya berpikiran negara ini harus jadi negara maju, negara makmur. Tapi memang kepemimpinan itu sangat menentukan," kata Presiden Jokowi.

Merespons pengerahan intelijen tersebut, Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Reformasi Sektor Keamanan menilai Jokowi telah melakukan penyalahgunaan data intelijen untuk tujuan politik presiden. 

Adapun koalisi ini terdiri dari Imparsial, PBHi, Amnesty International, YLBHI, Kontras, Centra Initiative, Elsam, Walhi, ICW, HRWG, LBH Masyarakat, dan Setara Institute.

"Kami memandang, pernyataan presiden tersebut mengindikasikan adanya penyalahgunaan kekuasaan terhadap alat-alat keamanan negara untuk melakukan kontrol dan pengawasan demi tujuan politiknya," kata koalisi dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/9).

Koalisi menilai tindakan Jokowi tidak bisa dibenarkan dan merupakan ancaman bagi kehidupan demokrasi dan HAM di Indonesia.

Intelijen, lanjut koalisi, merupakan aktor keamanan yang berfungsi memberikan informasi terutama kepada Presiden. Namun demikian informasi intelijen itu seharusnya terkait dengan musuh negara atau masalah keamanan nasional dan bukan terkait dengan masyarakat politk serta juga masyarakat sipil sebagaimana disebutkan Pasal 1 angka 1 dan 2 UU Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara.

Koalisi menegaskan pengumpulan data dan informasi yang dilakukan oleh intelijen hanya boleh digunakan untuk kepentingan pengambilan kebijakan, bukan disalahgunakan untuk memata-matai semua aktor politik untuk kepentingan politik pribadinya.

"Dalam negara demokrasi, partai politik bukanlah ancaman keamanan nasional sehingga sulit untuk memahami apa alasan intelijen dikerahkan untuk mencari informasi terkait data, arah perkembangan partai politik," lanjut mereka.

(dna/gil)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: Pengakuan Jokowi Tahu Jeroan Partai Berkat BIN Hingga BAIS

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek