Drone Tempur Rusia Hantam Rumania, NATO Bilang Begini - inews

 

Drone Tempur Rusia Hantam Rumania, NATO Bilang Begini

By Anton Suhartono
inews.id
September 7, 2023
Jens Stoltenberg mengatakan NATO tak melihat indikasi Rusia sengaja menyerang Rumania
Jens Stoltenberg mengatakan NATO tak melihat indikasi Rusia sengaja menyerang Rumania

BRUSSELS, iNews.id - Aliansi pertahanan Atlantik Utara NATO tak melihat indikasi Rusia menyerang Rumania, salah satu anggotanya. Rumania pada Rabu kemarin memperbarui pengumumannya, drone kamikaze yang menghantam wilayahnya pada Senin lalu adalah milik Rusia.

Padahal sebelumnya Rumania menegaskan drone tersebut bukan milik Rusia. Saat itu Rusia menggempur wilayah pelabuhan Sungai Danube, Ukraina, yang berbatasan dengan Rumania. Drone tesebut diperkirakan menyasar ke wilayah Rumania dan meledak. Tak ada korban maupun kerusakan yang ditimbulkan.

Menteri Pertahanan (Menhan) Rumania Angel Tilvar mengatakan, puing-puing drone yang ditemukan di wilayahnya adalah milik Rusia.

Serangan Rusia terhadap wilayah-wilayah pelabuhan Ukraina meningkat sejak Juli bersamaan dengan penarikan diri dari kesepakatan ekspor biji-bijian dengan Ukraina.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan, sejuah ini tak ada informasi yang menunjukkan Rusia sengaja menyerang wilayah Rumania.

“Kami tidak memiliki informasi apa pun yang menunjukkan adanya serangan disengaja oleh Rusia dan kami masih menunggu hasil penyelidikan yang sedang berlangsung,” kata Stoltenberg, dikutip dari Reuters, Kamis (7/9/2023).

Dia menegaskan, selalu ada risiko serangan udara Rusia menyasar ke negara-negara yang berbatasan dengan Ukraina.

“Ini menunjukkan adanya risiko insiden dan kecelakaan. Terlepas dari hasil (penyelidikan) tersebut, yang kami lihat tentu saja adalah banyaknya pertempuran dan serangan udara di dekat perbatasan NATO,” ujarnya.

Ini sejalan dengan pernyataan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rumania bahwa negaranya tidak menghadapi ancaman langsung di darat maupun perairan teritorialnya dari Rusia.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar