Pilihan

Bertemu Menlu AS, Pangeran MBS Tegaskan Pemblokadean Gaza Harus Dihentikan - inews

 

Bertemu Menlu AS, Pangeran MBS Tegaskan Pemblokadean Gaza Harus Dihentikan

By Anton Suhartono
inews.id
October 15, 2023
Pangeran MBS
Pangeran MBS

RIYADH, iNews.id - Arab Saudi menegaskan jatuhnya korban sipil harus dihindari dalam konflik Palestina dan Israel. Hal tersebut disampaikan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dalam pertemuan di Riyadh, Minggu (15/10/2023).

Pangeran MBS menegaskan kepada Blinken, Arab Saudi berupaya keras untuk mencegah konflik meluas serta menghentikan pemblokadean Jalur Gaza oleh Israel.

"(Arab Saudi berupaya) Untuk menciptakan kondisi untuk memulihkan stabilitas,” demikian pernyataan pemerintah kerajaan, seperti dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA).

Selain itu MBS mengecam serangan terhadap infrastruktur penting yang menjadi penunjang kehidupan warga sipil, seperti listrik, air, dan lainnya.

“Yang Mulia Putra Mahkota menegaskan penolakan Kerajaan untuk menargetkan warga sipil dengan cara apa pun atau menyerang infrastruktur dan kepentingan vital yang memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka,” bunyi pernyataan.

Pertemuan Pangeran MBS dan Blinken berlangsung kurang dari 1 jam di kediaman sang putra mahkota di Riyadh. Blinken mengatakan pertemuan tersebut sangat produktif, tanpa memberikan penjelasan rinci.

Namun Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan, kedua pejabat membahas perkembangan konflik Israel-Hamas.

“Menteri menyoroti fokus Amerika Serikat yang teguh dalam menghentikan serangan teroris oleh Hamas, menjamin pembebasan semua sandera, dan mencegah konflik menyebar,” kata Miller.

Kedua pejabat, lanjut dia, juga menegaskan komitmen bersama untuk melindungi warga sipil serta memajukan stabilitas di Timur Tengah dan sekitarnya.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek