Pilihan

Batu di Probolinggo Ini Punya Keistimewaan, Konon Bisa Berbunyi Seperti Gong - Beritasatu

Batu di Probolinggo Ini Punya Keistimewaan, Konon Bisa Berbunyi Seperti Gong

Sabtu, 18 November 2023 | 18:53 WIB
Penulis: Zulkiflie | Editor: NF
Menurut penuturan warga sekitar, konon Batu Kenong ini sudah ada sejak zaman kerajaan terdahulu. Batu itu terbentuk saat ada rombongan pasangan pengantin yang melintasi daerah perbukitan setempat.
Menurut penuturan warga sekitar, konon Batu Kenong ini sudah ada sejak zaman kerajaan terdahulu. Batu itu terbentuk saat ada rombongan pasangan pengantin yang melintasi daerah perbukitan setempat. (Beritasatu.com / Zulkiflie)

Probolinggo, Beritasatu.com – Suasana asri dengan rimbunnya pepohonan yang hijau, akan Anda rasakan saat berkunjung ke areal Batu Kenong. Tetapi ada yang menarik, konon batu tersebut bisa menimbulkan suara menyerupai gong.

ADVERTISEMENT

Batu Kenong berlokasi di perbukitan Desa Pasembon, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Keistimewaan dari batu berukuran 2x3 meter itu, ditemukan oleh warga sekitar.

Rasa penasaran dengan keunikan Batu Kenong, Beritasatu.com mencoba menyambanginya. Tampak di sekitarnya terdapat aliran sungai dari pegunungan, hawanya juga sejuk.

Menurut penuturan warga sekitar, konon Batu Kenong ini sudah ada sejak zaman kerajaan terdahulu. Batu itu terbentuk saat ada rombongan pasangan pengantin yang melintasi daerah perbukitan setempat.

ADVERTISEMENT

“Kalau ceritanya, batu yang bunyi ini adalah gongnya, sewaktu digunakan mengarak pasangan pengantin. Dan yang di barat sana, gong yang pengantin perempuan,” ujar Mahrus, Sabtu (18/11/2023).

Setibanya di puncak bukit Desa Pasembon, seluruh rombongan pengantin tiba-tiba hilang, yang tersisa hanyalah tumpukan batu.

Mahrus menambahkan, kalau Batu Kenong sudah ada semenjak ia masih kecil. Dan cerita terkait asal-usulnya diceritakan secara turun temurun.

Mahrus mengungkapkan, di perbukitan setempat terdapat dua batu kenong yang sama-sama bisa mengeluarkan berbunyi. Batu pertama berada di sebelah timur bukit, dan kedua ada di bagian barat bukit, atau di jarak sekitar 1 kilometer.

Mahrus menambahkan, batu tersebut memang berbeda dengan batu gunung pada umumnya. Batu Kenong ketika dipukul akan mengeluarkan suara nyaring seperti gong.

“Kalau bentuknya memang tidak ada yang berbeda dengan batu lainnya, tapi bedanya Batu Kenong bisa menghasilkan suara,”papar Mahrus.

Meski memiliki keistimewaan, Batu Kenong hanya dibiarkan begitu saja oleh warga sekitar. Adapun ketika ada warga luar yang datang berkunjung, hanya digunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek